Ketua DPR-RI Resmikan Waterfront Sintang

Editor: Redaksi author photo

Peresmian Waterfront di Komplek Pasar Sungai Durian Sintang oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani. Foto:prokopim 
Sintang, Senentang.id - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Puan Maharani meresmikan Waterfront di Komplek Pasar Sungai Durian Sintang, Minggu (19/3/20223).

Ditengah rintik hujan tak menyurutkan langkah cucu pendiri Republik Indonesia itu untuk mengecek bagian-bagian penting dari pembangunan jalur pejalan kaki di sepanjang  bantaran Sungai Melawi - Kapuas tersebut. 

Ribuan masyarakat Sintang memenuhi sisi jalan didepan toko-toko yang ada untuk melihat langsung salah satu pemimpin Negeri ini.

"Waterforn ini semoga jadi icon masyarakat Sintang selain Kelam dan  Rumah Betang Ensaid. Dengan adanya tambahan ikon ini saya berharap brandingnya Sintang akan lebih kuat," ujar Puan dalam sambutannya.

Peresmian dilakukan secara simbolis dengan memukul gong dan menandatangani prasasti. Puan juga melakukan peninjauan langsung ke sisi Waterfront. Dengan wajah ramah Puan menerima berfoto bersama sejumlah warga yang hadir.

"Saya berharap karena ini akan menjadi salah satu ikon kota, supaya bisa di jaga bersama-sama. Bukan cuma Pemda tapi seluruh masyarakat Sintang. Sebagai salah satu ruang terbuka hijau - tempat berkumpulnya masyarakat maka kebersihannya dijaga, dan penataannya harus dilanjutkan termasuk penataan pedagang kaki lima agar semua orang bisa merasakan dampak baiknya," tutup Puan Maharani. 

Wahyu Kusumo Susanto, selaku Direktur Pengembangan Kawasan Pemukiman Kementerian PUPR menyampaikan bahwa Waterfront ini dibangun dengan anggaran pusat secara multi year sejak 2021. 

"Baru selesai awal tahun ini. Kawasan ini merupakan daerah strategis di Sintang yang memiliki potensi perdagangan dan pariwisata," kata Wahyu. 

"Pembangunan ini merupakan bagian dari penataan wilayah guna menuntaskan kawasan kumuh pinggir sungai sekaligus membantu mengurangi dampak banjir yang terjadi setiap tahunnya. Semoga masyarakat Sintang melalui Pemda menerima dan mengelola waterforn ini agar tetap andal dan fungsional," tutup Wahyu Kusumo Susanto.

Tampak mendampingi Puan Maharani, Ketua Komisi V DPR-RI, Lazarus dan sejumlah anggota DPR RI lainnya, Bupati Sintang, H. Jarot Winarno, Wakil Bupati Sintang, Melkianus, Sekda Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah serta jajaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI. Tampak juga sejumlah pejabat Forkopimda di lingkungan pemerintahan provinsi Kalimantan Barat dan Kabupaten Sintang. (RILIS PROKOPIM)

Share:
Komentar

Berita Terkini