Sosialisasi Pencegahan Covid19

Editor: Admin author photo
SEKADAU, senentang.id - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Sekadau melakukan sosialisasi pencegahan virus corona (Covid19)  di kantor PKK Kabupaten Sekadau, Jalan Merdeka Timur Kamis, (12/03/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau Kristina Rupinus, Ketua GOW Kabupaten Sekadau Vixtima Heri Supriyanti dan para anggota PKK Kabupaten Sekadau yang jumlahnya kurang lebih 50 orang.

Kegiatan tersebut merupakan, tindak lanjut dari merebaknya virus corona  (covid19)  yang selama ini  mencemaskan keadaan masyarakat dalam hal masuknya virus tersebut.

Kabid P2P Dinkes PP dan KB Kabupaten Sekadau, Martinus Ridi megatakan bahwa, dalam hal pencegahan virus tersebut harus didasari pola hidup sehat dan makan-makanan yang bergizi.

"Sebenarnya  untuk mencegah virus tersebut cukup mudah. Hanya saja kita sebagai masyarakat terlalu panik dalam hal menanggapi virus tersebut. Cukup dengan pola hidup sehat, maka virus tersebut tidak akan masuk kedalam tubuh kita," jelasnya. 

Martinus Ridi juga menjelaskan bahwa, ada lima hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan pola hidup sehat dan penanganan pencegahan Covid19 kedalam tubuh manusia.

1. Masyarakat untuk tidak panik karena, penyebaran virus bukan airbone tapi dorplet yang menempel seperti di meja, kursi, pegangan pintu dan lainnya.  


2. Masyarakat memahami PHBS
mencuci tangan dengan air mengalir selama 30 s/d 60 detik degan sabun dan air mengalir. Jika menggunakan antiseptik selama 20 detik. Sebelum dan sesudah aktifitas sesering mungkin cuci tangan.

3. Gemar makan yang sehat, banyak makan sayur, buah dan minum air putih.

4. Ketika batuk menggunakan tissu dan dibuang ditempat sampah atau menggunakan lengan baju.

5. Masker digunakan pada pasien sakit dan menggunakan masker tidak lebih dari 2 - 4 jam. Sebelum memakai masker cuci tangan dan selama menggunakan masker jangan menyentuh masker. (pemakaian masker yang benar adalah bagian untuk menempel debu bagian yang kasar  warna hijau, sedangkan bagian yang halus untuk menutupi hidung dan mulut serta kawat harus ditekan sesuai struktur hidung). 


Penulis:Meri Cintya
Editor: Asmuni 
Share:
Komentar

Berita Terkini