Peringatan "World Pharmacist Day tahun 2022

Editor: Asmuni

Jalan Sehat Dalam Rangka Peringatan World Pharmacist Day tahun 2022
Sintang, Senentang.id - Bupati Sintang, H. Jarot Winarno, melepas kegiatan Jalan Sehat dalam rangka Peringatan "World Pharmacist Day tahun 2022 yang di gelar oleh Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (PD-IAI) Cabang Sintang, di Taman Entuyut, Jalan PKP. Mujahidin Sintang, Sabtu, (1/10/2022).

Pada kegiatan jalan sehat ini, panitia menyiapkan berbagai macam doorprize, dimana doorprize utamanya berupa satu unit kulkas satu pintu. Yang beruntung membawa pulang doorprize utama yakni salah satu peserta warga dari Desa Sungai Ana, seorang Ibu Rumah Tangga. Hadiah di serahkan oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno. 

Bupati Sintang H. Jarot Winarno menyampaikan, berdasarkan PP No. 51 Tahun 2009 tentang Kefarmasian bahwa pekerjaan kefarmasian adalah sebagai pengendali mutu sediaan farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan dan pendistribusi atau penyaluran obat, pengelolaan obat, pelayanan obat atas resep dokter, pelayanan informasi obat, serta pengembangan obat, bahan obat dan obat tradisional.

“Pelayanan kefarmasian merupakan pelayanan kesehatan yang mempunyai peran penting dalam mewujudkan kesehatan bermutu, dimana apoteker sebagai bagian dari tenaga kesehatan yang mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar dan luas dalam mewujudkan pelayanan kefarmasian yang aman, bermutu dan berkualitas,” terang Bupati Sintang

“Profesi farmasi harus dikenalkan pada masyarakat luas, karena farmasi juga memiliki tanggung jawab atas kesehatan masyarakat. Seperti saat mereka memeriksakan dirinya pada dokter dan memerlukan obat. Farmasilah yang semestinya menjamin bahwa pasien mendapatkan obat yang benar, digunakan dengan cara yang tepat, dan menghasilkan efek yang diharapkan,” lanjutnya. 

Farmasi juga yang bertanggung jawab jika ada masalah terkait dengan obat, seperti pengatasan efek samping obat yang dapat membahayakan pasien. Hal ini dapat diwujudkan dengan memberikan konseling kepada pasien dan masyarakat terkait penggunaan obat yang benar. 

Oleh karena itu sambungnya, apoteker perlu tampil lebih kedepan tidak hanya di belakang layar. Para apoteker untuk selalu meningkatkan kompetensi diri di masing-masing instansi tempatnya bertugas. 

“Melalui Peringatan Hari Apoteker Sedunia ini, semoga apoteker dapat semakin dikenal oleh masyarakat serta dapat selalu meningkatkan kompetensi diri di masing-masing instansi tempat mereka bertugas sehingga kesehatan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Landak senantiasa terjamin,” tutup Bupati Sintang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr. Harisinto Linoh, menyampaikan bahwa memperingati World Pharmacists Day (Hari Apoteker Sedunia) tahun 2022 diinisiasi Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (PD IAI) Kabupaten Sintang dengan tema nasional yakni “Apoteker Bersatu dalam Aksi Menuju Dunia Lebih Sehat, Apoteker Siap Melayani Informasi serta Edukasi Obat TBC dan Diabetes”. Yang diisi dengan jalan sehat yang terbuka untuk masyarakat umum, konsultasi obat, dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr. Harisinto Linoh, menginformasikan masyarakat terkait penyakit dari TBC dan Diabetes, sesuai dengan tema peringatan Hari Apoteker Sedunia yang diselenggarakan.

“Tinggi sekali kematian akibat TBC, oleh karena itu hati-hati. Pelajari dan ketahui gejala TBC supaya penularannya tidak cepat dan bisa hati-hati. Dan untuk Diabetes adalah penyakit tidak menular karena pola hidup tidak sehat. Jadi lewat olahraga bisa jadi salah satu bentuk pencegahan diabetes,” jelasnya. 

“Terima kasih dan selamat kepada IAI, mudah-mudahanya dengan kegiatan secara rutin seperti ini dan dengan peran serta masyarakat, semua warga Kabupaten Sintang semoga senantiasa sehat wal afiat,” pungkasnya. (pkm/as) 

Share:
Komentar

Berita Terkini