Kesbangpol Sintang gelar Coffee Morning dan Peluncuran Aplikasi Simantel

Editor: Asmuni

Coffee Morning Natal tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 Badan Kesbangpol Kabupaten Sintang. Foto : prokopim. 
Sintang Kalbar, Senentang.id - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sintang mengadakan Coffee Morning Natal tahun 2022 dan Tahun Baru 2023, bertempat di Kantor Kesbangpol Kabupaten Sintang, Rabu (11/1/2023).

Dalam kesempatan tersebut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sintang, Kusnidar, mengatakan dasar diadakannya coffee morning ini terkait dengan perayaan natal tahun 2022 dan tahun baru 2023, sekaligus mengevaluasi kinerja Kesbangpol di tahun 2022.

"Badan Kesbangpol merupakan garda  terdepan dalam membina harmonisasi di Kabupaten Sintang, harmonis politik. Jadi kami ingin memulai sesuatu di awal tahun ini dengan mengevaluasi apa yang sudah kami lakukan di tahun 2022, dan tentu dengan mengevaluasi apa yang sudah dilakukan ini menjadi patokan kami untuk meningkatkan kinerja, semangat dan komitmen kami untuk melayani masyarakat, kelembagaan, instansi dan keberagaman itu lebih baik lagi di tahun 2023," ujarnya.

Selain itu, Kusnidar juga mengatakan, Kesbangpol Sintang akan meluncurkan sebuah aplikasi, yakni aplikasi Sistem Manajemen Informasi Intelijen (Simantel). 

"Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk mewujudkan jenjang kerja yang cepat terhadap kewaspadaan dini di masyarakat, meningkatkan pemantauan pelaporan, dan mempermudah serta memperlancar  pengumpulan data dan informasi," jelas Kusnidar. 

Aplikasi ini (Simantel) memiliki tiga unsur, yaitu Perangkat Daerah, Instansi Vertikal dan Masyarakat. Manfaat dari aplikasi informasi cepat dan handal ini adalah user nya bukan hanya di Kabupaten tetapi juga kepada Kementerian di dalam Negeri melalui Gubernur.

"Secara eksternal kita ingin menyatukan satu pemahaman terhadap berbagai potensi yang muncul di media sosial dengan berbagai persepsi, sehingga kita jangan terpancing dengan informasi yang bersifat hoaks," ujarnya.

Dalam aplikasi Simantel ini terdapat unsur, yang pertama merupakan pimpinan, yaitu pejabat yang menerima laporan langsung dari Gubernur melalui badan Kesbangpol, Admin yang di pegang oleh Kesbangpol Provinsi, serta operator yang merupakan staff Kesbangpol Kabupaten Kota.

"Kami berharap dengan di adakannya coffee morning ini dapat meningkat kan sinergitas dari seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Sintang, karena Kesbangpol tidak akan bisa melakukan tugas sendiri tanpa ada mitra-mitra yang mau bekerja sama," pungkasnya. (RILIS PROKOPIM) 

Share:
Komentar

Berita Terkini