Kegiatan Ekaristi Kaum Muda di Gereja Santo Paulus Stasi Amak

Editor: Redaksi author photo

Ekaristi Kaum Muda (EKM) ke - VII Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau bertempat di Gereja Santo Paulus Stasi Amak. (foto:di)
SEKADAU, SN - Bupati Sekadau, Aron, membuka kegiatan Ekaristi Kaum Muda (EKM) ke - VII Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau bertempat di Gereja Santo Paulus Stasi Amak, Desa Sungai Kunyit, Kecamatan Sekadau Hilir, kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Sabtu, (14/10/2023).

Tuan rumah Ekaristi Kaum Muda (EKM) ke - VII ini adalah Orang Muda Katolik Stasi Amak dengan  mengusung tema "Orang Muda Masa Depan Gereja". Kegiatan berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 14 - 15 Oktober 2023. Jumlah peserta sebanyak 525 orang terdiri dari OMK dari  22 stasi dan 1 Pusat Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau keuskupan Sanggau.

Pada kesempatan ini, Ketua OMK Santo Petrus dan Paulus Sekadau, Irwindi mengatakan Ekaristi Kaum Muda dilakukan dua kali dalam setahun yakni pada bulan Mei dan bulan Oktober.

"EKM tidak hanya sehari, tetapi dua hari yang mana dalam kegiatan EKM berisi materi atau seminar untuk pengembangan iman, bakat dan kreativitas OMK," jelas Irwindi.

Pastor Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau, Martinus, CP menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan EKM adalah untuk mengakrabkan orang-orang muda se-Paroki.

“Supaya Orang Muda Katolik lebih saling mengenal satu sama lain, jugauntuk  meningkatkan dan memperteguh iman kepada Tuhan,” kata Pastor Martinus, CP.

Di tempat yang sama, Ketua Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Lasarus, mengatakan bahwa anak muda adalah aset penting karena masa depan gereja, ada di tangan mereka.

Karena berikutnya adik-adik ini lah yang merupakan estafet kepemimpinan,” ungkapnya

Saya selalu berpesan, apa yang kalian lakukan hari ini, akan menentukan masa depan. Jangan pernah mencoba narkoba, sedangkan orang lain sibuk mencetak prestasi.

"Selain itu, kita harus mandiri karena kemandirian itu barang mahal, jangan menjadi beban dimana pun berada, hidup harus semangat dan bercita-cita dulu," pesan Lasarus.

Terakhir, Bupati Sekadau, Aron, yang sekaligus membuka kegiatan EKM menyampaikan bahwa pemerintah daerah apresiasi dan sangat mendukung kegiatan tersebut.

“Atas nama pribadi dan pemerintah daerah saya mengucapkan selamat kepada OMK yang ikut dalam kegiatan EKM ini,” ucapnya.

Bupati Aron mengatakan bahwa orang muda merupakan garda terdepan perjuangan gereja dimasa yang akan datang.

“Saya berharap EKM ini mendatangkan manfaat bagi adik-adik kaum muda, agar di masa mendatang bisa berjuang. Masa depan bergantung pada kalian kaum muda. Nah, saya berharap ketika sepulang dari sini, setiap hari minggu, OMK bertugas, memimpin lagu, juga khotbah,” harap Bupati

Pada keempatan ini, Bupati Aron juga mengingatkan agar kedepannya pihak Paroki mendatangkan narasumber dari Badan Narkotika nasional (BNN) agar mereka memberikan arahan tentang penyalahgunaan narkoba, sebab kekhawatiran kita jangan sampai banyak anak muda terjerumus ke hal-hal seperti itu. (di/am)

Share:
Komentar

Berita Terkini