Pelantikan Ketua TP PKK Kecamatan Se-Kabupaten Sintang

Editor: Admin author photo
Saat pelantikan TP PKK se-Kabupaten Sintang 
SINTANG, senentang.id - Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Sy. Yasser Arafat dalam hal ini mewakili Bupati Sintang menghadiri kegiatan pelantikan dan serah terima jabatan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan se-Kabupaten Sintang yang dilantik langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupatne Sintang, Rosinta Askiman, di Balai Pegodai, Rumah Dinas Jabatan Wakil Bupati Sintang, Kamis (09/01/20).

Dalam sambutan Bupati Sintang, yang dibacakan oleh Asisten bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Sy. Yasser Arafat mengucapkan selamat kepada pengurus PKK Kecamatan yang baru. 

“Saya ucapkan selamat dan sukses kepada para Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Sintang. Dengan sudah dilantik, harapan saya agar ibu-ibu dapat mengemban tugas yang dipercayakan dan dapat bekerja dengan optimal," kata Yasser. 

Menurutnya, didalam program kerja pokok PKK itu ada 10 program pokok. Dengan 10 program tersebut haruslah disesuaikan dengan situasi terkini. 10 program pokok PKK ini disesuaikan dengan situasi, kondisi dan kemampuan yang ada, sehingga tidak ada paksaan melainkan menimbulkan kesadaran dalam membangun dirinya dan daerahnya. 

"Tetapi, dengan 10 Program Pokok PKK harus bisa menjawab tantangan bagaimana cara mengimplementasikannya. Kita harus paham bagaimana cara menerapkannya agar dapat menjadi keluarga yang sejahtera. Hal ini diperlukan pemahaman, perencanaan yang matang, kepemimpinan yang efektif dan kompetensi para pengurus untuk menjadi syarat mutlak. Kalau sudah semuanya, maka keluarga sudah dapat mewujudkan tata kehidupan yang sejahtera dan harmonis," kata Yasser. 

“Saya berharap pengurus TP PKK dapat bekerja lintas sektor, artinya, tidak bekerja ego sektoral dan menutup diri dan tidak mau bekerja dengan pihak lain. Sebab keberhasilan pelaksanaan program-program kesejahteraan keluarga sangat ditentukan oleh adanya keterpaduan antara gerakan keswadayaan dan partisipasi masyarakat dengan bimbingan dan fasilitasi teknis dari berbagai OPD terkait. Pengurus TP PKK harus menjadi perekat antara fungsi-fungsi kemasyarakatan dan fungsi-fungsi pemerintahan," harap Yasser Arafat. 

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang, Rosinta Askiman  mengatakan bahwa peran PKK sangatlah penting dalam masalah pemberdayaan ekonomi keluarga. PKK merupakan gerakan yang muncul dari bawah dengan wanita sebagai penggeraknya yang bertujuan untuk mewujudkan keluarga sejahtera, keluarga yang mampu menciptakan kesadaran keserasian dan keseimbangan," katanya. 

Rosinta Askiman meminta kepada para Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan yang baru dilantik agar dapat meneruskan program serta visi misi PKK Kabupaten. 

“Lanjutkan tugas untuk mewujudkan visi gerakan PKK, melaksanakan 10 Program pokok PKK, fokus kepada program-program yang telah ditetapkan sebagai upaya memajukan organisasi yang dinaungi serta dapat melaksanakan program kerja dengan baik," pintanya. 

Selain itu, Rosinta Askiman berharap dengan dilantiknya ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan yang baru ini dapat membaur bersama masyarakat diwilayahnya masing-masing. Ketua PKK yang baru, dapat menjadikan dirinya dan anggota selalu hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan amal baktinya dan berupaya  mendorong peran aktif kader-kadernya dalam membantu Pemerintah Daerah memberdayakan masyarakat serta memajukan daerah. (hms)

Editor: Asmuni 
Share:
Komentar

Berita Terkini