Wabup dan Komisi D Kunker ke Lokasi PKS PLJ

Editor: Asmuni

Wakil Bupati Sintang Melkianus bersama Anggota Komisi D DPRD Sintang melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke lokasi pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik PT. Permata Lestari Jaya (PLJ) di Kecamatan Ketungau Hulu. Foto:ist
Sintang, Senentang.id - Wakil Bupati Sintang Melkianus bersama Anggota Komisi D DPRD Sintang melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke lokasi pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik PT. Permata Lestari Jaya (PLJ) di Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Kalbar.

Kunjungan ini untuk melihat lokasi pembangunan Pabrik Kelapa Sawit milik PT. Permata Lestari Jaya sekaligus melihat komitmen perusahaan dalam membangun kebun kelapa sawit perusahaan dan kebun kemitraan. Selain itu, juga dalam membangun dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa di sekitar perusahaan.

Dalam kunjungan turut hadir Kapolsek Ketungau Hulu, Camat Ketungau Hulu, Danramil Ketungau Hulu, Ketua DAD Kecamatan Ketungau Hulu, Kepala Desa, BPD, Temenggung Adat, dan tokoh masyarakat dari enam desa sekitar PT Permata Lestari Jaya.

GM Operasional PT Permata Lestari Jaya,  Sahat Simamora menyampaikan progress pembangunan pabrik pengolahan Kelapa Sawit dan perkembangan usaha perkebunan milik PT PLJ.

Wakil Bupati Sintang, Melkianus memastikan Pemerintah Daerah mendukung dan mendorong keseriusan PT. PLJ dalam membangun pabrik pengolahan kelapa sawit di daerah Ketungau Hulu. Karena, akan membuka lapangan pekerjaan serta meningkatkan kesejahteraan atau pendapatan masyarakat.

"Multiflier effect sangat besar. Tak hanya itu perekonomian masyarakat yang meningkat akan mendorong perekonomian di daerah pula," ujarnya.

“Pemerintah juga berharap dengan pembangunan pabrik pengolahan kelapa sawit, PT. PLJ bisa membuka dan menyerap lapangan pekerjaan untuk masyarakat lokal sesuai dengan kemampuanya dan keahliannya,” harap Melikianus.

Melkianus meminta agar Setiap tahapan kegiatan pembangunan pabrik dimohonkan untuk dilaporkan secara rutin, agar pembangunan pabrik sesuai dengan rencana PT. PLJ.

Menurutnya, Pemda mendukung investasi yang telah masuk di Kabupaten Sintang.
Akan tetapi ia mengharapkan masyarakat juga bijak. Apabila ada masalah maka disarankan untuk diselesaikan secara arif dan bijaksana

“Kehadiran PT. PLJ telah terbukti meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat desa sekitar perusahaan, di mana sebanyak 98 persen tenaga kerja PT  PLJ adalah berasal dari masyarakat lokal sekitar kebun,” ujarnya.

Kepala Desa Sungai Bugau, Atut, mengatakan dampak kehadiran PT PLJ sangat terasa bagi masyarakat. Sehingga kelak dengan kehadiran pabrik kelapa sawit akan lebih banyak menyerap pekerja lokal.

“Saya sebagai kepala desa sangat terharu dan bangga kepada PT. PLJ. Banyak perubahan ekonomi dari masyarakat di sini sehingga menjadi jauh lebih baik dan meningkat. Semoga pembangunan Pabrik Kelapa Sawit PT. PLJ dapat kembali menyerap tenaga kerja lokal lebih banyak lagi, dan dapat lebih meningkatkan lagi perekonomian masyarakat lokal," pungkasnya. (pkm)

Share:
Komentar

Berita Terkini