Malam Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Sintang

Editor: Admin author photo
Pemilihan Duta GenRe 
SINTANG, senentang.id - Bupati Sintang Jarot Winarno, menghadiri malam puncak pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Sintang tahun 2020, yang dilaksanakan oleh Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBP3A) Kabupaten Sintang, sekaligus berakhirnya pelaksanaan musyawarah daerah (Musda) forum GenRe Kabupaten Sintang yang di tandai dengan pengumuman para pemenang atau penyematan selempang kepada para pemenang lomba Duta GenRe tersebut, yang di helat di Resto and Café Bagoes Hotel Sintang, Jalan Dharma Putra, Kecamatan Sintang, Kamis (2/7/2020) malam. 

Kepala Dinas KBP3A Kabupaten Sintang, Maryadi mengatakan, tujuan dari pada kegiatan pemilihan Duta GenRe dan pelaksanaan Musda forum GenRe adalah untuk meminimalisir kenakalan remaja secara khusus di Kabupaten Sintang, dengan membentuk wadah atau forum GenRe Kabupaten Sintang sehingga remaja yang ada di Kabupaten Sintang dapat menuangkan ide-ide atau kreasi sesuai dengan minat dan bakat remaja itu sendiri, menggerakan serta memotivasi ramaja untuk menggandeng teman sebayanya agar melakukan hal-hal yang positif sehingga para remaja tidak terlibat dengan berbagai macam penyakit masyarakat seperti perjudian, mabuk-mabukan, pergaulan bebas, napza dan mengajak para remaja untuk kreatif, innovatif agar bermanfaat di lingkungan keluarga dan masyarakat pada umumnya. 

“Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 tahun 2020, diikuti 12 pusat informasi konseling remaja SMA dan SMP di Kabupaten Sintang," jelas Maryadi.

Bupati Sintang, Jarot Winarno dalam sambutanya mengingatkan, kembali tantangan dalam menyonsong Indonesia emas 2045 mendatang tepat satu abad Indonesia Merdeka atau 25 tahun kedepan. Karena para peserta yang ikut dalam kegiatan musda GenRe dan pemilihan Duta Genre ini merupakan anak-anak usia remaja, dimana pada tahun tersebut mereka akan memasuki masa usia emas sebagai generasi penerus bangsa. Saat itu, Indonesia di prediksi akan menjadi bangsa terbesar ketiga di dunia. Namun menurut Jarot untuk mencapainya harus melewati berbagai tantangan, seperti syarat pertumbuhan ekonomi  Indonesia itu harus diatas 6-7 persen tiap tahunnya dan generasi bangsanya atau para remaja di negara ini juga harus menyiapkan diri mulai saat ini, barulah Indonesia Emas 2045 bisa tercapai. 

Menurutnya, untuk mempersiapkan generasi Indonesia emas 2045 mendatang, para remaja tidak hanya di beri arahan dan petunjuk saja, tapi mereka juga harus di beri kesempatan untuk mengembangkan diri. Untuk itu lah pemkab Sintang berkomitmen memberikan kesempatan kepada generasi muda mengembangkan diri melalui berbagai wadah yang telah di siapkan Pemkab. 

Selain itu juga, menurut Jarot, yang harus di miliki generasi saat ini dalam menyonsong Indonesia emas 2045, yakni confident atau percaya diri/keyakinan agar menggantung cita-citanya setinggi mungkin. Meskipun hal itu tidaklah mudah, kerena berbagai tantangan akan di hadapi seperti adanya distruksi teknologi yang merubah tata kehidupan generasi saat ini atau yang di sebut generasi millennial. (*) 
Share:
Komentar

Berita Terkini