Bawa 2 Lansia, Anak Muda Bisa Ikut Divaksin

Editor: admin1 author photo

 


Sintang, Kalbar (Senentang.id) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr Harysinto Linoh menyampaian program percepatan vaksinasi khusus lansia dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Program tersebut adalah dengan membawa 2 orang lansia untuk divaksin, maka anak muda yang mengantarkannya bisa turut menjalani vaksinasi Covid-19.

“Anak muda bisa divaksin Covid-19 jika membawa dua lansia dengan umur minimal 60 tahun atau lebih untuk menjalani vaksinasi. Dengan syarat, sudah berumur 18 tahu ke atas dan dalam keadaan sehat,” ungkap Sinto, Sabtu (5/6/2021).

Dengan adanya program tersebut, Sinto mengajak masyarakat Kabupaten Sintang ikut berpartsipasi mensukseskan vaksinasi lansia tersebut. Karana, vaksinasi merupakan salah satu program untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Jadi silakan jika punya kenalan lansia, bawa ke Dinas Kesehatan Sintang agar divaksin. Dengan demikian kamu juga bisa diikut divaksin juga. Ini penting untuk kita sama-sama berparan membantu percepatan vaksinasi khusus lansia,” katanya lagi.

Sinto juga tidak bosan-bosanya mengingatkan masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) 5 M dalam kegiatan sehari-hari. Yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Khusus anak muda, kurangi aktivitas yang tidak perlu seperti nongkrong di warung kopi. Kalaupun harus beraktivitas di luar rumah, tetap mematuhi prokes. Tetap pakai masker dan menjaga jarak,” imbau Sinto.

Sementara itu, jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Sintang per 4 Juni 2021 sebanyak 2.291 orang.  Sebanyak 2.067 orang sudah dinyatakan sembuh. Dan 107 orang meninggal dunia.

Saat ini, yang sedang menjalani perawatan sebanyak 133 orang. 47 orang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ade M Djoen Sintang. 67 orang menjalani perawatan di Rusunawa. 43 orang dirawat di Ruang Isolasi Mandiri (RIM) Diklat di Jalan Oevang Oeray. Serta sebanyak 117 orang menjalani isoman.

 

Share:
Komentar

Berita Terkini