Inspektorat Komitmen Melakukan Pengawasan!

Editor: admin1 author photo

 


Sintang, Kalbar (Senentang.id) - Pelaksana Tugas (Plt) Inspektur Kabupaten Sintang, Ardatin mengatakan bahwa pihaknya akan tetap melakukan pengawasan Organisasi Perangkat Daerah atau OPD-OPD di Bumi Senentang.

Penegaskan itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Inspektur Kabupaten Sintang, Ardatin saat mendampingi Wakil Bupati Sintang Sudiyanto dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah, saat mengikuti Rapat Koordinasi Pengawasan Intern (Rakorwasin) Keuangan dan Pembangunan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Balai Petitih Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (10/6/2021).

“Kami akan tetap melakukan pengawasan sesuai dengan program kerja kami. Program kerja yang dimaksud tertuang dalam Program Kerja Pemeriksaan Tahunan (PKPT). PKPT ini setiap tahunnya kita susun,” kata Ardin.

Ia kemudian mengungkapkan pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat Kabupaten Sintang. “Karena terbatasnya anggaran, maka kami susun berbasis resiko. OPD-OPD yang berisiko itulah yang dilakukan pemeriksaan,” jelas Ardatin.

Rakorwasin mengambil tema “Meningkatkan Peran Pengawasan Intern Dalam Mengawal Keselarasan Visi-Misi Kepala Daerah dengan Perencanaan dan Penganggaran Program Pembangunan Daerah di Provinsi Kalimantan Barat”.

Rakorwasin dibuka oleh Kepala BPKP yang dalam hal ini diwakili Deputi Kepala BPKP Bidang Polhukam PMK Iwan Taufiq Purwanto. Sementara Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji hadir sebagai Keynote Speech.

Diskusi Panel menghadirkan empat orang narasumber yakni Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat dan  Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Kalimantan Barat. Hadir sebagai peserta Rakorwasin Bupati dan Walikota, Sekretaris Daerah, dan Inspektur se Kalimantan Barat

Gubernur Kalimantan Barat. Sutarmidji meminta kepada setiap Pemerintah Kabupaten dan Kota untuk terus aktif dan harus membenahi diri lebih baik demi kesejahteraan masyarakat.

“Dalam Rakor Pengawasan ini saya sampaikan agar para inspektorat itu aktif, harus berani dan analisa argumennya harus benar dan bagus. Sehingga ketika ada masalah-masalah yang tejadi dia sudah menjadi filter pertama untuk itu,” ujar Sutarmidji.

 

Share:
Komentar

Berita Terkini