Sinto Imbau Satgas Kecamatan dan Desa Bantu Warga Positif Covid-19

Editor: admin1 author photo

 


Sintang, Kalbar (Senentang.id) - Sebanyak 29 orang warga Dusun Lanjing, Desa Gemba Raya, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang terkomfirmasi positif Covid-19. Mereka saat ini masih menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan Dinas Kesehatan Sintang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh mengatakan, 29 warga Dusun Lanjing diketahui terpapar Covid-19 setelah Puskesmas Kebong melakukan tracing. Hal itu dilakukan setelah adanya kegiatan yang cukup bayak dihadiri masyarakat di daerah setempat.

Agar penanganan warga yang terpapar Covid-19 lebih maksimal, Sinto meminta Satgas Penanganan Covid-19 tingkat Kecamatan Kelam Permai dan Satgas tingkat desa ikut berperan aktif melakukan pengawasan terhadap 29 warga yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Selain itu, Satgas Penanganan Covid-19 tingkat Kecamatan Kelam Permai dan tingkat desa diharapkan memperhatikan kebutuhan utama masyarakat. Seperti kebutuhan vitamin dan masker bagi warga Lanjing. Karena untuk memenuhi kebutuhan itu bisa menggunakan dana desa yang sudah direcofusing. Sedangkan kebutuhan obat-obatan dan vitamin sudah dipenuhi tim Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang.

“Saya mengimbau supaya Satgas di kecamatan dan Satgas desa bisa lebih berperan aktif untuk membantu masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri. Bantu kebutuhan mereka. Karena, ketika mereka menjalani isolasi mandiri tentu tidak bisa ke luar rumah. Makanya kabutuhan harus dibantu Satgas desa, masyarakat sekitar dan Satgas kecamatan,” pintanya, Rabu (9/6/2021).

Sinto memastikan Dinas Kesehatan Sintang melalui Puskesmas Kebong akan terus memantau dan mengawasi warga yang sedang menjalani isolasi mandiri. Selain itu akan terus melakukan tracing untuk mencegah penularan lebih banyak.

Ia juga mengimbau agar masyarakat Kabupaten Sintang selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam kehidupan sehari hari dengan melakukan 5 M. Yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas yang tidak perlu.

 

Share:
Komentar

Berita Terkini