Silaturahmi Biro Kesra Sekretariat Daerah Prov Kalbar, ini Agendanya

Editor: Admin author photo


Sintang Kalbar, senentang.id - Gubernur Kalimantan Barat yang diwakili oleh Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat, drg. Hary Agung Tjahyadi, M.Kes melakukan kunjungan kerja sekaligus bersilaturahmi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang dan masyarakat Kabupaten Sintang, yang dilaksanakan di Pendopo Bupati Sintang, Kamis (2/9/2021). 


Turut mendampingi Kepala Biro Kesra Provinsi Kalbar, yakni, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si, Perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalimantan Barat, Dra. Hj. Isriyah, Asisten I bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Sy. Yasser Arafat, S.Sos, M.Si, jajaran Forkopimda, para pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Sintang, para tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakat di Sintang.


Asisten I bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Sy. Yasser Arafat, menyampaikan bahwa kegiatan silaturahmi ini merupakan tindaklanjut perintah dari Gubernur Kalimantan Barat sebagai wadah diskusi. 


“Kegiatan ini adalah forum untuk kita bersilaturahmi, melakukan diskusi, tukar pikiran terkait berbagai persoalan sosial kemasyarakatan yang terjadi di Kabupaten Sintang belakangan ini, tentu persoalan ini menjadi perhatian banyak pihak, mulai dari Kabupaten Sintang, Provinsi Kalbar hingga skala nasional,” katanya 

 

Yasser menambahkan, dengan adanya silaturahmi antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dengan Pemerintah Kabupaten Sintang bersama masyarakat Sintang diharapkan bisa mendapatkan solusi yang terbaik. 


“Kita ingin ajang silaturahmi ini bisa membantu kita pemerintah Kabupaten Sintang untuk mencarikan solusi, jalan terbaik, terkait persoalan sosial kemasyarakatan yang terjadi di Kabupaten Sintang belakangan ini, tentu kondisi situasi yang aman, tertib dan damai yang kita inginkan di Kabupaten Sintang, apalagi kita akan melaksanakan perhelatan skala Provinsi di Kalbar yakni Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXIX tingkat Provinsi Kalbar tahun 2021 pada November mendatang, tentu kita semua ingin situasi yang kondusif,” kata Yasser Arafat. 


Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si, menjelaskan, didalam dalam penyelenggaraan bernegara, tentu ada persoalan, baik itu ruang lingkup kecil, sedang hingga besar. Untuk di Sintang kita tanggapi bahwa setiap penyelenggaraan negara selalu ada saja yang namanya masalah. 


Oleh karena itu masalah itu dijadikan bagian daripada ujian buat kita, tinggal bagaimana kecerdasan kita untuk menyelesaikannya, sehingga diperlukan semua unsur, semua lini yang ada dinegara ini baik Lembaga, institusi, maupun masyarakat harus Bersatu padu untuk membantu menyelesaikan permasalahan ini,” jelasnya.


H. Syahrul Yadi juga menyampaikan tugas pokok dan fungsi dari Kementerian Agama ialah menciptakan dan menjaga Tri Kerukunan. Pertama yakni kerukunan umat beragama, kedua kerukunan internal umat beragama, ketiga kerukunan umat beragama dengan pemerintah, sehingga Tri Kerukunan ini menjaga kondisinya keagamaan masing-masing yang ada pada Kementerian Agama. 


Menurut H. Syahrul Yadi, Kementerian Agama akan maju paling depan untuk melakukan pembinaan jika ada persoalan sosial kemasyarakatan yang berhubungan dengan agama. Kementerian Agama telah melakukan pertemuan, dan pada akhirnya Kementerian Agama berkomitmen untuk melakukan pembinaan, dengan mengoptimalkan pemberdayaan Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam untuk membina, jika ada persoalan sosial kemasyarakatan yang berhubungan dengan agama ditengah-tengah masyarakat. 


"Kalau ini sesuatu yang perlu dibina, maka kami tampil paling depan untuk melakukan pembinaan,” tutupnya. (**) 

Share:
Komentar

Berita Terkini