Pameran Kain Tradisional di Museum Kapuas Raya Sintang Ditutup

Editor: Redaksi author photo


Sintang Kalbar
, Senentang.id - Pelaksanaan Pameran Kain Tradisional Sintang baik secara langsung maupun virtual di Museum Kapuas Raya secara resmi selesai dan ditutup pada Rabu (20/10/2021).

Susana Raguniati,Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang menyampaikan bahwa selama berlangsungnya pameran dan perlombaan sudah berjalan dengan baik dan lancar.

“Kegiatan pameran ini sudah menjadi agenda rutin Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang untuk memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan khususnya kain-kain tradisional yang dimiliki oleh Kabupaten Sintang. Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah berkunjung dan tertarik dengan kain tradisional yang kita miliki,” ungkapnya

“Kami ingin masyarakat dan pelajar untuk mengenal, memahami dan mencintai kain tradisional yang dimiliki Kabupaten Sintang. Tahun depan kegiatan serupa akan kami laksanakan kembali, hanya mungkin jenis perlombaan akan berubah, karena masih banyak permainan tradisional yang kita miliki yang perlu juga kita angkat melalui perlombaan,” kata Susana Raguniati.

Ipin Ernawati, Kepala Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang menjelaskan bahwa selama pameran yangberlangsung sejak 11 Oktober 2021 hingga 20 Oktober 2021 atau 10 hari berlangsung, pameran sudah dikunjungi oleh 772 orang yang datang berkunjung secara langsung ke Museum Kapuas Raya dan sebanyak 1.538 orang yang berkunjung secara virtual.

Pengunjung berasal dari berbagai kalangan dari masyarakat umum. Para pengunjung sangat tertarik dengan berbagai koleksi kain yang sudah dipamerkan.

"Pameran yang kami laksanakan merayakan hari Museum Indonesia ke-6 dan Hari Jadi Museum Kapuas Raya Sintang ke-13 sudah berlangsung dengan sukses,” ujarnya

“Kami juga sukses melaksanakan berbagai perlombaan seperti lomba vlog di Museum Kapuas Raya, Lomba Bakiak, Lomba Nopen dan Lomba Caksin. Semuanya berlangsung dengan lancar dengan jumlah peserta lomba yang banyak,” tambah Ipin Ernawati.

Lomba Pembuatan Vlog pengunjung saat berada di Museum Kapuas Raya dimenangkan oleh Giara Janitra Atmayani, Dani Syahrial dan M. Syarufudin. Lomba Bakiak dimenangkan oleh Tim Evos, Tim HIMPAUDI dan Tim IG TKI. Lomba Nopen dimenangkan oleh Tim Miang Rebong, Tim Aisyah Amini dan Tim Nonong. Lomba Caksin dimenangkan oleh Tim Dharma Wanita Persatuan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Tim Jom Bebekas dan Tim Pasang Surut. Seluruh pemenang lomba mendapatkan hadiah uang, piagam penghargaan dan piala. **

Share:
Komentar

Berita Terkini