Manfaatkan Pekarangan Rumah untuk Menanam Pohon dan Sayuran

Editor: Asmuni

Anggota DPRD Kabupaten Sintang dari partai Nasdem, Rudy Andreas 
Sintang Kalbar, Senentang.id -  Rudy Andryas, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Kabupaten Sintang  mengajak masyarakat Kabupaten Sintang untuk melakukan penanaman pohon di pekarangan rumah dan lahan kosong.

Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini mengatakan, hal ini di lakukan guna untuk membantu penghijauan lingkungan. 

"Terutama lingkungan sekitar tempat tinggal kita, agar udara yang kita hirup tetap segar. Tentunya juga bisa melindungi rumah dari panasnya sinar matahari. Biar lebih adem lah," kata Rudy Andryas, Kamis (23/0/6/2022).

"Serta berguna untuk meningkatkan sumber oksigen bagi lingkungan kita, dan sebagai penyerap air saat musim hujan. Jadi setidaknya pohon bisa berpartisipasi untuk memperkecil bencana alam banjir dan tanah longsor," tambahnya. 

Tidak hanya itu saja, selaku wakil rakyat dirinya juga mengajak agar masyarakat Kabupaten Sintang memanfaatkan lokasi yang kosong untuk menanam pohon buah di pekarangan tersebut. Sehingga bisa memiliki banyak manfaat. Ketika pohon yang di tanam mulai berbuah, buah tersebut bisa di nikmati sekeluarga dan bisa juga di jual 

"Menanam pohon buah itu, ya jika di ibaratkan pepatah bisa di bilang, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui lah," ucapnya.

Dirinya menilai bahwa, pekarangan tanah kosong harus dimanfaatkan, sekecil apapun lahan ia yakin bisa ditanami dan bermanfaat apalagi menghasilkan buah-buahan ataupun sayur - sayuran. Keberadaan pohon buah selain menghijaukan dan mengasrikan lingkungan, juga bermanfaat karena buah - buahan yang di hasilkannya. 

 "Pohon ini kan fungsinya untuk menyediakan oksigen, peneduh, akarnya untuk menyerap air, menahan tanah dan buah nya untuk di konsumsi ataupun di jual. Jadi untung banyaklah," tutup Rudy Andryas. 

Asong, seorang warga Sintang juga mengajak agar masyarakat terus mengembangkan diri, salah satunya untuk menjaga lingkungan alam yang lestari. Contohnya dengan menanam pohon.

"Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk kita. Nanti jika kita menanam pohon buah dan sayur - mayur dengan memanfaatkan lahan kosong dan pekerangan rumah. Maka kita bisa menikmati buah dan sayuran segar yang bisa kita petik sendiri di pohonnya. Secara otomatis pengeluaran uang belanja bulanan pun akan berkurang. Kita pun bisa menabung lebih banyak lagi setiap bulannya," (bn)

Share:
Komentar

Berita Terkini