7 Fraksi Setujui Tugu Jam di Dirikan Kembali

Editor: Redaksi author photo

Rapat dengar pendapat Aliansi masyarakat Kabupaten Sekadau dengan lintas Komisi DPRD Sekadau terkait penolakan pembongkaran Tugu Jam Pasar Sekadau. 
Sekadau Kalbar, Senentang.id - Aliansi masyarakat Kabupaten Sekadau mendatangi Kantor DPRD Kabupaten Sekadau dengan tujuan untuk menyampaikan aspirasi terkait penolakan pembongkaran Tugu Jam Pasar Sekadau. Sebelum ke DPRD juga sudah dilakukan aksi penolakan dan penyampaian aspirasi di lokasi Tugu Jam yang sudah digusur. Rabu (27/7/2022).

Rapat dengar pendapat ini dihadiri oleh lintas komisi DPRD Kabupaten Sekadau dan 7 Fraksi yakni, Hanura, PDI Perjuangan, Nasdem, Persatuan, Golkar, Demokrat dan PAN. 

Pada rapat dengar pendapat tersebut, perwakilan aliansi masyarakat Sekadau, Dedi, Kusumanegara mengatakan, Nilai bersejarah yang ada di kabupaten Sekadau  jangan di rusak dan tugu yang sudah di rusak harus didirikan kembali, karena memiliki nilai historis yang sangat tinggi dan besar serta tidak bisa di gantikan.

"Kami  masyarakat Sekadau meminta kepada rekan-rekan dewan yang hadir saat ini untuk membantu, mendengar dan memfasilitasi serta mempertegas bahwa kami menolak keras tugu ini dihancurkan. tolong tugu ini di dirikan kembali silahkan mempercantik tapi jangan di hancurkan," pinta Dedi Kusumanegara. 

Sementara itu, Liri Muri, dari Fraksi Hanura setuju masyarakat yang datang menyampaikan aspirasinya, karena hal ini sangat penting mengenai nilai sejarah yang ada di kabupaten Sekadau dan tugu tersebut juga merupakan swadaya dari masyarakat.

"Item pembangunan tugu jam ini tidak di bahas secara khusus di DPRD sehingga kita tidak bisa menjawab masyarakat kenapa tugu ini di bongkar dan tugu ini jelas di tulis Rehabilitas bukan pembangunan tugu baru sehingga tidak bisa semena-mena tugu ini di hancurkan," tegas Liri Muri. 

Selanjutnya, Ketua komisi II DPRD  kabupaten Sekadau, Bambang Setiawan juga menanggapi hal tersebut dan ia juga mengatakan masalah tugu jam tersebut sebenarnya sudah disampaikan melewati media massa bentuk keberatan dan penyampaian aspirasi masyarakat.

"Saya menegaskan agar tugu ini didirikan kembali. Saya tidak menghalangi pembangunan tapi saya juga monolak keras jika tugu jam ini di robohkan," tegas Bambang.

Paulus Subarno, dari fraksi Hanura juga secara tegas dan mengutuk keras pembongkaran tugu jam pasar sekadau dan meminta pihak terkait untuk bertanggungjawab. 

"Ada tiga poin tuntutan kami yakni kami minta didirikan kembali, dipercantik dan bayar adat salah basa (adat sopan santun)," tegas Paulus Subarno. 

Ari Kurniawan Wiro dari Fraksi PDI Perjuangan, Abun Tono dari Fraksi Hanura, Yosef Sumardi dari Fraksi Persatuan, Yohanes Ayub dari Fraksi Nasdem, Hasan dari Fraksi Demokrat dan Agustinus Atang dari Fraksi PAN juga mengatakan hal yang sama, agar tugu jam didirikan kembali. 

Hasil dari rapat tadi, dari 7 Fraksi yang hadir pada Rapat mengenai Aspirasi Masyarakat, semua Fraksi yang hadir menyetujui agar tugu jam ini didirikan kembali.(yati).

Share:
Komentar

Berita Terkini