81 Peserta Ikuti MAPENTA Pemuda Katolik Komcab Sekadau

Editor: Redaksi author photo

Kegiatan MAPENTA Pemuda Katolik Komcab Sekadau. Foto:as
Sekadau Kalbar, Senentang.id - Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Sekadau membuka Masa Penerimaan Anggota (MAPENTA). Kegiatan dibuka oleh Bupati Sekadau yang diwakili oleh Radius, di laksanakan di Gedung Kateketik Sekadau, Sabtu (1/4/2023). 

Kegiatan MAPENTA ini mengambil Tema, "Mari Ikutlah Aku dan Kamu akan Kujadikan Penjala Manusia (Matius 4 : 19)". 

MAPENTA Pemuda Katolik Komcab Sekadau diikuti peserta sebanyak 81 orang yang tergabung dari dua Paroki yakni Paroki Santo Petrus dan Paulus serta Paroki Gereja Katolik Monumental Kecamatan Sekadau Hilir. 

Pada kesempatan ini, Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Sekadau, Abun Tono, mengatakan, kegiatan MAPENTA merupakan agenda tahunan  Pemuda Katolik. 

"Karena, Pemuda Katolik merupakan Kader yang nantinya akan menjadi calon-calon pemimpin masa depan," ungkap Abun Tono yang juga Anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). 

Abun Tono menyampaikan bahwa di organisasi Pemuda Katolik ada 4 Pilar. Pilar Pertama adalah nilai moralitas. Kedua adalah konsisten dalam setiap perjuangan. Ketiga adalah kesederhanaan dan keberpihakan kepada kaum yang lemah dan  keempat adalah berpegang teguh dengan nilai-nilai diatas organisasi Pemuda Katolik untuk dapat mewarnai ditengah masyarakat yang majemuk sesuai dengan slogan Katolik, seratus persen Katolik seratus persen Indonesia. 

Abun Tono menyampaikan bahwa Pemuda Katolik di Kabupaten Sekadau sudah banyak berkiprah membantu pemerintah daerah dalam segala bidang. 

"Termasuk membantu kemajuan gereja Katolik khususnya di Kabupaten Sekadau," sebutnya. 

"Kami berharap kepada rekan-rekan yang hadir sebagai calon anggota Pemuda Katolik nantinya akan lebih berperan bersama kami memajukan gereja Katolik khususnya di Kabupaten Sekadau," harap Abun Tono. 

Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Provinsi Kalimantan Barat yang diwakili oleh Wakil Bendahara 1, Andreas Herwan Susilo, meminta kepada seluruh Pemuda Katolik agar selalu hadir di tengah-tengah masyarakat. 

"Bukan hanya hadir di dalam gereja Katolik saja," ujarnya. 

"Pemuda Katolik juga harus benar-benar belajar bagaimana berorganisasi serta mempersiapkan kader-kader berikutnya," pinta Andreas Herwan Susilo. 

Terakhir, Bupati Sekadau yang diwakili oleh Radius yang juga sekaligus membuka kegiatan MAPENTA menyampaikan  apresiasi atas kegiatan MAPENTA yang digelar oleh Pemuda Katolik Komcab Sekadau. 

Ia berharap Pemuda Katolik bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah, khususnya pemerintah daerah  Kabupaten Sekadau. 

Radius mengatakan bahwa Pemuda Katolik adalah organisasi Nasional dan sudah berdiri sejak lama. Tentu sudah banyak memberikan kontribusi kepada Gereja-gereja serta kepada Bangsa dan Negara. Sehingga, Organisasi Pemuda Katolik sangat tidak diragukan lagi. 

"Saat ini sudah banyak pemimpin-pemimpin kita yang berasal dari Pemuda Katolik, salah satunya Bupati Kabupaten Sekadau, Bapak Aron," tutup Radius. 

Hadir pada kegiatan ini, Anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari Fraksi Partai Hanura, Paulus Subarno, dari Fraksi PDI Perjuangan, Ari Kurniawan Wiro, Forkopimda, beberapa OPD dilingkungan Pemkab Sekadau, Pastor Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau, Kristianus Cp, ISKA dan ICDN Kabupaten Sekadau, Organisasi Kepemudaan, pengurus Pemuda Katolik Komcab Sekadau dan seluruh peserta yang hadir serta Undangan. (tim) 

Share:
Komentar

Berita Terkini