Henry Alpius: Wujudkan Keluarga yang Sehat Dengan Lingkungan yang Bersih

Editor: Redaksi author photo

Deklarasi ODF (Open Defication Free) dan peresmian Kantor desa Bokak Sebumbun. Foto:am 
SEKADAU, SN - Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Sekadau, Henry Alpius menghadiri Deklarasi ODF (Open Defication Free) dan peresmian Kantor desa Bokak Sebumbun. Senin 28 Agustus 2023 pagi.

Deklarasi ODF dan peresmian Kantor desa Bokak Sebumbun di hadiri oleh Wakil Bupati Sekadau, Subandrio.

Dalam sambutannya, Kadinkes PP dan KB Kabupaten Sekadau, Henry Alpius menyampaikan selamat dan apresiasi atas Deklarasi ODF dan peresmian Kantor desa Bokak Sebumbun. 

"Selamat kepada pemerintah desa dan masyarakat desa Bokak Sebumbun karena telah deklarasi desa ODF yang ke-6," ucapnya. 

"Kalau kita ingin mewujudkan keluarga yang sehat, masyarakat yang sehat salah satu kunci utama adalah lingkungan yang bersih," jelasnya. 

Henry menyebut ada beberapa hal dasar yang harus diperhatikan dalam menciptakan masyarakat yang sehat dalam memenuhi sanitasi dasar yakni, tidak buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun di air mengalir, air minum dan makanan rumah tangga, pengamanan sampah dan pengamanan air limbah. 

Ia menjelaskan bahwa Indonesia peringkat ke-3 terburuk lingkungan di dunia. Oleh karena itu kata dia, penyakit menularnya juga lebih banyak. 

Tetapi dengan adanya STBM berbasis masyarakat ini maka penyakit juga mulai berpindah. 

"Buktinya satu bulan kemarin pada musim kemarau, yang dulu biasanya banyak wabah penyakit diare dan kolera sekarang mulai berubah. Justru kita lebih arahnya ke demam berdarah," jelas dia 

Maka dari itu lanjut Henry, STBM ini sangat berpengaruh yang signifikan terhadap kesehatan masyarakat. 

Pada kesempatan itu Henry Alpius juga mendorong agar desa-desa yang lain agar bisa deklarasi desa ODF. 


"Dengan di deklarasikannya desa Bokak Sebumbun menjadi desa ODF diharapkan dapat memicu desa-desa lain di Kecamatan Sekadau Hilir untuk mewujudkan desa ODF dan dilanjutkan dengan Kecamatan Sekadau Hilir untuk kecamatan ODF," pungkasnya. 


Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Sekadau, Subandrio, Anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari Fraksi Partai Demokrat, Jefray Raja Tugam, Forkopimda, beberapa Kepala SKPD, Ketua GOW, Wiwin Atriana Subandrio, Plt. Camat Sekadau Hilir, Zulfiakli, Kades Bokak Sebumbun, Klemens Karya Panama, Staf dan Kaur desa Bokak Sebumbun, beberapa Kades tetangga dan Undangan lainnya. (red) 



Share:
Komentar

Berita Terkini