Tinjau Pembangunan Gardu Induk PLN, Ini Tanggapan Komisi II DPRD Sekadau

Editor: Admin author photo
Anggota Komisi II DPRD Sekadau tinjau pembangunan gardu induk PLN Sekadau 

SEKADAU, senentang.id - Komisi II DPRD Sekadau  kunjungan kerja ke lokasi pembangunan gardu induk (GI) PLN di jalan Merdeka Timur KM 04, Selasa (11/2).

Anggota komisi II yang hadir diantaranya, Yodi Setiawan Ketua komisi II fraksi Gerindra, Liri Muri Anggota komisi II Fraksi Hanura, Bambang Setiawan Anggota komisi II Fraksi PDI Perjuangan, Mateus Chandra Dawi Anggota komisi II fraksi Golkar, dan Moloi sekretaris komisi II fraksi Demokrat.

Setibanya di lokasi, anggota komisi II meninjau pembangunan fasilitas gardu induk.

Manajer teknis pembangunan gardu induk, Ifan Darma mengatakan saat ini progres pembangunan instalasi maupun infrastruktur sudah mencapai 86 persen. 

"Untuk saat ini sudah bisa dioperasikan. Tapi kita masih menunggu transimi yang dari Tayan menuju Sanggau, Sanggau menuju Sekadau," ungkapnya. 

Ifan Darma mengatakan, GI tersebut memiliki kapasitas daya mencapai 30 megawatt jika digunakan seratus persen. Daya tersebut lebih dari cukup untuk kebutuhan elektrifikasi di wilayah Kabupaten Sekadau saat ini.

"Saat ini beban elektrifikasi Sekadau berkisar 9,3 megawatt. Biasanya yang digunakan sekitar 90 persen atau 27 megawatt. Artinya daya yang nanti tersedia lebih kurang tiga kali lipat dari daya eksisting Kabupaten Sekadau saat ini," jelas Ifan.

Gardu induk tersebut kata Ifan, berfungsi sebagai penerima dan penyuplai daya. Artinya menerima daya dari transmisi Sanggau, juga meneruskan ke Sintang. Sekaligus menyuplai untuk seluruh Kabupaten Sekadau sampai Belitang Hulu.

Untuk finalisasi sendiri, Ifan Darma belum dapat memastikan. Sebab, ada beberapa kendala dalam proses pemasangan transmisi. 

"Seperti di daerah Penyaladi itu, sedikit kendala karena harus menyeberang sungai. Namun untuk target ini triwulan ketiga atau September 2020," terangnya.

Ditempat yang sama Anggota Komisi II DPRD Sekadau, Liri Muri mengatakan pembangunan GI menjawab keluhan masyarakat kabupaten Sekadau khususnya dengan seringnya terjadi pemadaman listrik di Kabupaten Sekadau.

Pembangunan GI ini menjadi jawaban kita semua atas keluhan masyarakat. Kami juga minta supaya pembangunan  ini disampaikan kepada masyarakat. Mudah-mudahan nanti kebutuhan untuk listrik tercukupi, tidak sering padam lagi," ujar Liri Muri.

Ia juga berharap, GI tersebut dapat memberikan solusi bagi daerah-daerah di Kabupaten Sekadau yang belum teraliri listrik.

"Contohnya daerah Belitang Hulu masih sangat terbatas kecukupan listrik. Kita berharap pembangunan  ini cepat diselesaikan  dan keinginan masyarakat kita segera terwujud semua," ungkap Liri Muri. 

Anggota Komisi II lainnya, Bambang Setiawan menyatakan sesuai penjelasan dari pihak teknis gardu induk, semuanya sudah sesuai progres dan jadwal.

"Kita apresiasi juga pihak PLN. Mudah-mudahan tidak ada kendala di lapangan. Masyarakat kita harapkan menunggu ini selesai. Supaya bisa suplai ke seluruh daerah yang belum dapat listrik," kata politisi PDIP ini. 

Ketua Komisi II DPRD Sekadau, Yodi Setiawan mengatakan, terealisasinya pembangunan gardu induk merupakan angin segar untuk masyarakat Kabupaten Sekadau.

"Makanya kami kesini untuk melihat langsung progres di lapangan," pungkasnya. 

"Supaya kita juga bisa menjelaskan kalau masyarakat bertanya ke kita. Setelah melihat langsung, menurut kami tidak lama lagi masalah listrik di Kabupaten Sekadau bisa teratasi," tambah Yodi.

Politisi Gerindra ini meminta masyarakat agar proaktif mendukung pembangunan gardu induk beserta perangkat penunjang. Khususnya bagi warga yang tanam tumbuhnya terlintas pembangunan jaringan GI.

"Tadi kita dengar dari pihak PLN ada sedikit potensi kendala terkait penebangan pohon waktu pemasangan tali. Kita harap masyarakat lebih mengerti terkait hal ini demi kebutuhan kita bersama. Kita minta pelayanan cepat, kita juga harus proaktif terkait dengan pembebasan kayu-kayu yang bisa menghambat pemasangan kabel,” pintanya. 

“Kita juga akan ikut mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menyampaikan proposal ke PLN," kata Yodi Setiawan. (meri)

Editor: Asmuni 
Share:
Komentar

Berita Terkini