Peletakan Batu Pertama Pembangunan BPFKS, ini Kata Aloysius

Editor: Admin author photo

Peletakan batu pertama 

SEKADAU, senentang.id - Wakil Bupati Sekadau, Aloysius meletakan batu pertama pembangunan Balai Pertemuan Forum Keserasian Sosial (BPFKS) Tinting Biawak Desa Kumpang Bis, Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalbar (23/09/20). 


Didampingi Istrinya, Ny. Vixtima Heri Supriyanti Aloysius beserta rombongan, Aloysius di sambut meriah oleh warga Kumpang Bis dengan kesenian tarian Nyambut Temuai Dayak Mualang dari anak-anak Sanggar Kelempai Ayau. 


Selanjutnya disambut juga oleh ritual Ba Kebau yang merupakan doa secara adat kepada Tuhan agar di jauhkan dari mara bahaya dan dijauhkan dari Bala. 


Wakil Sekadau Aloysius dalam sambutanya mengatakan agar nantinya Balai Pertemuan yang akan dibangun segera diselesaikan secepatnya dan dapat digunakan oleh semua masyarakat desa Kumpang Bis yang majemuk. 


"Saya berharap pembangunan dapat selesai sesuai perencanaan, agar nantinya masyarakat dapat menggunakan balai pertemuan tersebut. Silahkan dipakai oleh seluruh warga, ini dipakai untuk kepentingan bersama," ujarnya. 


Aloysius mengatakan, dalam kegiatan peletakan batu pertama juga bersamaan dengan pengobatan gratis oleh Dinkes PP dan KB bagi masyarakat Kumpang Bis. 


"Ini bentuk perhatian serius kami bagi masyarakat, disamping kita membangun, kita perhatikan juga kesehatan masyarakat di Sekadau," ujarnya. 


Dalam kegiatan tersebut Aloysius mengatakan bahwa 4 tahun belakangan ini pihaknya (Pemkab Sekadau) telah melakukan pembangunan baik fisik, mental serta pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). 


"empat tahun belakangan ini kami sudah kebut pembangunan, baik mental maupun fisik serta pembangunan SDM, salah satunya adalah pembangunan balai pertemuan ini," ujar Aloysius. 


Ditanya mengenai jalan rusak di Kupang Bis, Aloysius mengatakan bahwa ingin segera mengambil alih jalan Desa menjadi jalan Kabupaten, agar nantinya Pemda Sekadau dapat menganggarkan untuk pembangunan . 


"Tahun pertama kita telah memperjelas status jalan, segera dialihkan menjadi jalan kabupaten. Silahkan dikomunikasikan dengan kami nanti agar bisa dialih setatus menjadi jalan Kabupaten agar kami segera anggarkan untuk pembangunan jalan tersebut," terang Aloysius. 


Mendengar aspirasi masyarakat tentang beberapa dusun yang belum disentuh pembangunan Listrik PLN, Aloysius mengatakan agar segera di usulkan Pemda ke pihak PLN


"Kami akan segera tindak lanjut mengenai beberapa dusun yang belum teraliri listrik, kita tidak dapat intervensi PLN, karena PLN merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tetapi jika rekomendasi untuk membangun listrik itu datang dari Bupati dan Wakil Bupati, Itu pasti di ikuti pihak PLN jadi saya akan segera rekomendasikan untuk segera terpasang listrik di Dusun tersebut," tegasnya. 


Terakhir, Aloysius menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi Protokol kesehatan karena jumlah kasus covid-19 di kota besar terus meningkat, walaupun di Sekadau masih zona hijau. Kemudian Wakil Bupati Aloysius juga berharap gawai Besar Kabupaten Sekadau yaitu Pilkada 2020, 9 Desember nanti dapat berjalan dengan lancar. 


"mari kita mensukseskan gawai ini bersama-sama, jangan sampai berbeda pilihan kita menjadi bermusuhan dan tercerai berai," pesan Aloysius. 


Camat Belitang Hilir, Sekeresno Benyamin mengucapakan terima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Sekadau karena telah memperhatikan pembangunan di Belitang Hilir. 


"Terimakasih telah melakukan pembangunan di Belitang Hilir khususnya di desa Kumpang Bis. Pembangunan ini merupakan kerja sama yang baik antara masyarakat dengan pemerintah desa yang di realisasikan oleh Pemda. Untuk itu kita patut berterimakasih kepada Pemda Sekadau," ucap Sekeresno Benyamin. 


Kemudian Kadis Dinkes PP dan PB Kabupaten Sekadau, Henry Alpius mengatakan bahwa pihak Dinkes sudah melaksanakan amanah Bupati untuk membangun infrastruktur kesehatan serta oengobatan gratis kepada masyarakat di desa terpencil


"Pelayanan daerah terpencil sudah kami layani, salah satunya pengobatan gratis. Ini merupakan amanah dari Bupati dan Wakil Bupati ketika awal mereka berdua dilantik 4 tahun lalu. Kami juga sudah bangun dan resmikan infrastruktur kesehatan, bukti keberpihakan Pemda," paparnya. 


Henry menambahkan, Pemda Sekadau melalui dinkes PP dan KB juga terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para petugas kesehatan agar mutu pelayanan masyarakat terus meningkat, sementara pembangunan fisik Puskesmas juga terus di lakukan . 


"SDM tenaga kesehatan kita terus tingkatkan dengan menyekolahkan putra daerah agar meningkatkan kapasitas diri untuk nantinya  dapat melayani masyarakat dengan baik. Tahun ini 4 puskesmas kita bangun dengan bangunan megah dan setandar yang baik," bebernya. 


Henry juga berharap ada komunikasi baik antara masyarakat dengan pemerintah daerah melalui Kades dan Camat. 


"Saya harap ada komunikasi dengan baik, jika ada permasalahan kesehatan warga segera komunikasikan dengan kami, karena kesehatan masyarakat menjadi komitmen Pemda sejak dilantik," tegas Henry


Terakhir kades Kumpang Bis Vinsensius mengucapkan terimakasih kepada Wakil Bupati Aloysius yang sudah berkenan meletakan batu pertama pembangunan Balai Pertemuan Forum Keserasian Sosial Tinting Biawak. 


"Terimakasih kepada Wakil Bupati beserta rombongan berkenan hadir dan berkenan meletakan batu pertama balai pertemuan ini. 

Terimakasih juga kepada semua panitia yang sudah mensukseskan kegiatan ini. Terimakasih juga kepada pihak Dinsos," ucap Vinsensius. 


Kadis Disporapar, Kadis Dinsos, Forkopimcam Belitang Hilir, BPD Kumpa Bis, Tokoh Agama, Tokoh Adat serta undangan. (tim) 

Share:
Komentar

Berita Terkini