KPU dan Pemkab Sintang Targetkan Partisipasi Pemilih Mencapai 75 Persen

Editor: Admin/gon author photo



SINTANG, senentang.id - Penjabat Sementara Bupati Sintang yang diwakili oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sintang, Budi Harto menjadi narasumber dalam Dialog Bincang 56 TVRI Kalimantan Barat di Pendopo Bupati Sintang Rabu, 25 November 2020. Turut menjadi narasumber pada dialog yang membahas pelaksanaan Pilkada tersebut, Fransiskus Ancis Ketua Bawaslu Kabupaten Sintang dan Ketua Divisi Hukum KPU Sintang, AV Tian.


Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sintang, Budi Harto menjelaskan bahwa dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih, Pemkab Sintang selalu menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak takut datang ke TPS pada 9 Desember 2020. “Dalam kunjungan kerja, pertemuan dan rapat kami selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Dengan harapan masyarakat tidak takut untuk menggunakan hak pilihnya meskipun pilkada dilaksanakan di tengah pandemi covid-19. Pemkab Sintang sudah luar biasa dalam menangani penyebaran covid-19” ujarnya. 


“Mari kita semua menciptakan suasana Kabupaten Sintang yang aman, damai dan sehat saat pencoblosan dan setelah pencoblosan. Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sintang yang sudah mempunyai hak pilih, jangan ragu dan takut untuk datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya. Karena pelaksanaan pencoblosan sudah sesuai dengan standar dan protokol kesehatan. Kepada pasangan calon beserta timnya agar siap menang dan siap kalah. Jangan hanya siap menang tetapi tidak siap kalah. Keamanan dan ketentraman menjadi tanggungjawab seluruh masyarakat termasuk paslon dan timnya” papar Budi Harto


Ketua Divisi Hukum KPU Sintang, AV Tian menjelaskan bahwa persiapan KPU Kabupaten Sintang sudah mencapai 80 persen dan saat ini sedang melakukan packing logistik untuk masing-masing kecamatan, desa dan TPS. “Pelipatan kertas suara sudah selesai. Saat ini sedang pengepakan logistik untuk dimasukan kedalam kotak suara untuk kemudian siap di kirim. Tanggal 5 Desember 2020 sudah mulai distribusi untuk kecamatan yang jauh. Terakhir tanggal 8 Desember 2020 distribusi untuk Kecamatan Sintang. Logistik selalu dijaga ketat oleh anggota Polri dan internal KPU. Tidak ada hari dan jam yang kosong dari penjagaan” beber AV Tian


Ia menjelaskan, Kabupaten Sintang memiliki 1. 186 TPS dan disetiap TPS ada 7 petugas KPPS dan 2 pertahanan sipil. Total ada 9 petugas per TPS saat ini sudah dan sedang menjalani rapid tes di Puskesmas. "Kami menargetkan lebih dari 75 persen partisipasi pemilih dan kami sudah gencar melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula dan masyarakat. 


Fransiskus Ancis, Ketua Bawaslu Kabupaten Sintang menyampaikan pihaknya melakukan pengawasan dengan mendahulukan pencegahan pelanggaran. “Kami mengutamakan pencegahan. Selama masa kampanye ini, kami sudah mengeluarkan satu pelanggaran tertulis kepada pasangan calon. Namun, setelah surat keluar, terjadi hujan, sehingga mereka bubar dengan sendiri. Surat teguran tetap kami keluarkan. Paslon dan penanggungjawab sangat kooperatif dan tidak melakukan pelanggaran kembali. Jajaran Bawaslu Kabupaten Sintang secara keseluruhan sampai ke tingkat TPS berjumlah 1. 639 orang. Artinya pengawas itu ada di 1. 186 TPS, 391 desa dan 14 kecamatan dan 5 di kabupaten," jelas Fransiskus Ancis. (hms)

Share:
Komentar

Berita Terkini