TNI Imunisasi Anak-anak Perbatasan Sintang untuk Cegah Tetanus

Editor: Admint stg author photo

 


Sintang, Kalbar (Senentang.id) - Guna mencegah anak-anak di perbatasan terjangkit penyakit tetanus, difteri dan campak, Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/Padma Kusuma bekerja sama dengan bidan dari Desa Muakan memberikan imunisasi kepada anak-anak di Desa Muakan Petinggi, Ketungau Hulu.

Tetanus adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri dengan potensi fatal yang mempengaruhi saraf. Sedangkan difteri adalah infeksi serius pada hidung dan tenggorokan yang juga disebabkan bakteri. Berbeda dengan tetanus dan difteri, campak atau yang biasa juga disebut dengan rubeola disebabkan oleh virus.

Ketiganya bisa dihindari dengan melakukan imunisasi pada anak-anak. Meski kasusnya berkategori sangat jarang dan sangat langka di Indonesia, bukan berarti tak ada potensi anak-anak perbatasan di Kabupaten Sintang tidak terkena penyakit-penyakit tersebut.

Oleh karena itu, berbagai pihak melakukan imunisasi agar anak-anak tidak tertular ketiga penyakit tersebut. Termasuk yang dilakukan oleh Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/Padma Kusuma bekerja sama dengan bidan dari Desa Muakan.

Di dalam pelaksanaannya, personel Pos Pamtas Enteli bersama Bidan Desa Muakan memberikan vaksin campak, Difteri Tetanus (DT) dan Tetanus Difteri (TD) yang manfaatnya untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK, Letkol Inf Catur Irawan mengatakan, pemberian imunisasi dan vaksin kepada anak-anak di desa tersebut dilaksanakan oleh dua anggota tenaga kesehatan Pos Enteli Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK.

“Selain memberikan imunisasi, personel satgas bersama bidan desa juga memberikan penyuluhan tentang menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar terhindar dari segala macam penyakit,” katanya, Selasa (23/3/2021).

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memastikan bahwa pelayanan kesehatan di Indonesia sudah sampai ke pelosok negeri. Dengan harapan generasi penerus bangsa sehat dan cerdas melalui kegiatan pelayanan kesehatan.

“Diharapkan dengan pemberian imunisasi dan vaksin ini, anak-anak yang berada di perbatasan negeri ini pun bisa menikmati kesehatan secara gratis dan merata. Sama dengan saudara kita yang berada di kota,” ungkapnya.

Sedangkan Danpos Enteli, Letda Inf Susiyanto, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan imunisasi lanjutan pada anak sekolah, sasarannya adalah seluruh anak usia sekolah dasar. Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung dengan baik dan lancar dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Yang mana sebelum melakukan imunisasi, anak-anak mencuci tangan terlebih dahulu dan menjaga jarak.

“Semoga dengan adanya imunisasi ulang campak ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak-anak di Desa Muakan sehingga mereka terhindar dari berbagai penyakit,” pungkasnya penuh harap.

 

Share:
Komentar

Berita Terkini