Ketersediaan Kit Antigen di Sepulut Menipis

Editor: admin1 author photo

 


Sintang, Kalbar (Senentang.id) - Kit antigen untuk mendukung operasional Posko Penyekatan Sepukut, Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang mulai menipis. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Sintang, Harysinto Linoh, Rabu (19/5/2021).

“Dari 3000 kit antigen yang kita siapkan, sekarang hanya tinggal 300 kit antigen lagi. Tentunya ini tidak bisa mendukung operasional posko penyekatan kita,” kata Harysinto Linoh.

Menurut Sinto, volume kendaran yang melintas ke Kabupaten Sintang begitu tinggi. “Bayangkan saja dalam sehari petugas melakukan swab tes antigen terhadap 200 orang,” ujarnya.

Kendati demikian, Sinto memastikan pihaknya telah melakukan pemesanan kit antigen tersebut.

“Lagi kita pesan, mudah mudahan cepat datang. Tentunya posko tetap berjalan. Yang dipesan sekitar 4.500 kit antigen. Sekarang sisa 300 kit antigen, mudah- mudahan besok udah pada datang lah,” ungkapnya.

Apabila posko penyekatan selesai pada waktu yang ditetapkan sebelumnya, yakni 17 Mei lalu. Maka 3000 kit antigen yang disiapkan tersebut lebih dari cukup. Namun kata dia, pemerintah melakukan perpanjangan masa operasional posko sampai 24 Mei 2021.

“Tetapi, Pak Bupati kita berkeinginan sampai dengan 31 Mei. Jadi, kami putuskan bersama posko tetap beroperasional hingga 31 Mei. Dan stok kit antigen pun sisa 300 lagi. Namun sudah kita pesan dan kita harap datang dengan cepat, sehingga petugas dapat melakukan penyekatan terhadap orang yang akan ke Kabupaten Sintang,” katanya.

Kendati demikian, Sinto kembali mengingatkan kepada masyarakat Kabupaten Sintang agar tetap disipilin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dalam segala aktivitasnya sehari-hari. Ingat 5M, menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Nah, untuk masyarakat yang akan masuk ke Kabupaten Sintang diharapkan dapat menunjukan surat hasil swab antigen dengan hasil negatif covid-19, meskipun kita juga menyiapkan swab tes antigen secara gratis di posko sepulut,” pungkas Sinto.

 

Share:
Komentar

Berita Terkini