LKTL Akan Dorong Daya Saing Daerah dan Capai Visi Kabupaten Lestari 2030

Editor: Admin author photo


Sintang Kalbar, senentang.id - Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) baru saja selesai melakukan Rapat Umum Anggota pada Senin (5/7/2021) secara virtual. Pada Rapat Umum Anggota tersebut, LKTL berhasil melaksanakan 4 agenda sekaligus, seperti pemilihan Ketua Umum LKTL Periode 2021-2024 dan mendorong produk UMKM semakin berkembang di era digital saat ini. 


Gita Syahrani, Kepala Sekretariat LKTL di Jakarta menyampaikan bahwa kabupaten yang menjadi anggota Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) mendeklarasikan visi kabupaten lestari 2030 lewat model pembangunan inovatif yang menjaga lingkungan sekaligus menyejahterakan masyarakat.


Kabupaten anggota LTKL melakukan pemilihan ketua umum dan menetapkan Kabupaten Sintang sebagai Ketua Umum LTKL periode 2021-2024. Asosiasi LTKL dan kabupaten anggotanya menandatangani perjanjian kerjasama dengan swasta dan mitra pembangunan untuk mendorong pembangunan berkelanjutan. Sebagai tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo yang disampaikan pada Rapat Koordinasi Kepala Daerah pada April 2021 untuk peningkatan daya saing daerah, para pemimpin kabupaten anggota Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) kembali menyuarakan komitmen untuk mendukung capaian target nasional lewat Visi Kabupaten Lestari 2030 pada rapat umum anggota (RUA) LTKL. 


Momen bersejarah ini pembacaannya diwakili oleh Dodi Reza Alex Noerdin, Bupati Musi Banyuasin, sebagai Ketua Umum Lingkar Temu Kabupaten Lestari periode 2017-2021 dan disaksikan oleh perwakilan Kementerian Dalam Negeri, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), seluruh perwakilan kabupaten anggota serta perwakilan jejaring mitra swasta, mitra pembangunan, masyarakat sipil dan kaum muda. 


“Kami menegaskan komitmen anggota LTKL untuk mendukung prioritas nasional Republik Indonesia lewat model pembangunan yang inovatif, bisa menjaga lingkungan sekaligus menyejahterakan masyarakat. Dalam deklarasi ini, kami berkomitmen untuk bergotong-royong dengan para pihak lintas sektor untuk melindungi setidaknya 50% dari total ekosistem penting dalam jurisdiksi kabupaten kami melalui pendekatan yang memastikan setidaknya 1 juta keluarga yang hidup di dalam dan/atau sekitar ekosistem penting dalam kabupaten kami dapat meningkat kesejahteraannya. Ini berarti pemberdayaan UMKM, pengembangan desa dan hilirisasi produk bernilai tambah, persis seperti arahan Bapak Presiden,” jelas Dodi Reza Alex Noerdin, Ketua Umum LTKL saat pembukaan RUA.


Selain mendeklarasikan visi kabupaten lestari, kabupaten anggota LTKL juga berunding untuk keputusan penting yaitu pemilihan kepengurusan periode 2021-2024. Melalui pemilihan ketua umum yang berlangsung tertutup, disepakati bahwa Kabupaten Sintang resmi terpilih menjadi Ketua Umum Lingkar Temu Kabupaten Lestari periode 2021-2024.


Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto mengucapkan terimakasih karna telah memilih Kabupaten Sintang menjadi Ketua Umum Lingkar Temu Kabupaten Lestari periode 2021-2024.


“Terimakasih atas kepercayaan seluruh anggota telah memilih Kabupaten Sintang. Kami sangat membutuhkan dukungan dari seluruh kabupaten dan seluruh pihak untuk menjalankan amanah ini. Kabupaten Sintang terus berusaha yang terbaik dan maju bersama dengan kabupaten- kabupaten anggota lainnya,” ungkap Sudiyanto. (**) 

Share:
Komentar

Berita Terkini