Peringatan HAN 2021 di Sekadau, FAD Sampaikan 9 Permintaan

Editor: Admin author photo

Peringatan Hari Anak Nasional di Sekadau 

Sekadau Kalbar, Senentang.id - Forum anak daerah (FAD) semarakan peringatan hari anak nasional (HAN) yang bertema" Anak Terlindungi Indonesia Maju" yang di gelar di gedung Kateketik Sekadau, Senin (30/8/2021)


Acara di selenggarakan oleh Wahana Visi Indonesia (WVI) dengan dukungan pemerintah daerah untuk memenuhi hak-hak anak yang ada di kabupaten Sekadau.


Sebagai penyelenggara, Manager WVI, Sebastianus Rengga mengatakan ingin bergerak bekerjasama dengan pemerintah dan organisasi agama di kabupaten Sekadau untuk bersama-sama membuat wacana memenuhi hak-hak anak.


"Kami berharap dengan kerja sama ini anak dapat terlindungi dan Indonesia menjadi maju," harapnya.


Ia juga mengatakan, dengan peringatan HAN, harapannya ingin bersama-sama mengkampanyekan penghapusan kekerasan terhadap anak baik kekerasan dalam rumah tangga maupun kekerasan yang terjadi di sekolah.


Permintaan FAD dengan hak-hak kesejahteraan anak dengan sembilan permintaan yang mereka suarakan yaitu:

1. Pemerintah daerah menyediakan fasilitas jaringan internet yang merata guna memudahkan  siswa melaksanakan belajar online (Daring).

2. Adanya larangan penjual rokok dan minuman keras kepada anak usia dibawah 18 tahun.

3. Pembangunan tempat pengasuh alternatif ( panti asuhan) yang dikelola Pemda.

4. Kami mengharapkan adanya ruang ramah untuk anak mengembangkan minat dan bakatnya, serta mengharapkan adanya tempat bimbingan konseling anak gratis bagi yang mengalami ganguan kesehatan.

5. Pemerintah siap berpartisipasi aktif dalam mewujudkan kabupaten Sekadau sebagai kabupaten layak anak (KLA)

6. Kami berharap pemerintah memasukan materi moral dan etika sebagai materi wajib disekolah.

7. Memberikan edukasi mengenai bahaya pernikahan dini kepada masyarakat melalui pemasangan spanduk di tempat umum.

8. Pemerintah lebih menegaskan wajib sekolah 12 tahun untuk anak di kabupaten Sekadau dan pemerintah dapat  memberikan sarana dan prasarana untuk mempermudah anak bepergian ke sekolah.

9. Kami berharap adanya sekertariat FAD untuk sarana kami berkumpul.


Selanjutnya, Wakil Bupati Sekadau, Subandrio mengatakan peringatan HAN itu sebagai bentuk perhatian dari pemerintah daerah untuk memberi perlindungan dan mendorong tumbuh kembang anak.


Terkait permintaan FAD, Wakil Bupati katakan semua itu ada mekanisme kewenangan daerah dan kewenangan pusat.


"Nanti akan di usulkan, yang menjadi kewenangan daerah secepatnya akan diskusi bersama istasi terkait yaitu Dinas Sosial PP dan PA," jelasnya 


"Intinya pemerintah hadir di tengah anak-anak untuk memberi perlindungan supaya anak-anak dapat tumbuh dengan baik seperti anak-anak pada umumnya," timpalnya.

(Yanti)

Share:
Komentar

Berita Terkini