Waspada Bencana Alam, Apalagi saat Curah Hujan Tinggi

Editor: Asmuni

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, dari Fraksi Partai Demokrat, Hikman Sudirman
Sintang Kalbar, Senentang.id - Mengantisipasi penanganan bencana alam di Kabupaten Sintang pada masa Pandemi covid-19, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, dari Fraksi Partai Demokrat, Hikman Sudirman, menyampaikan perencanaan penanganan bencana alam haruslah dikerjakan dengan bijak dan baik.

“Jangan sampai karena pandemi kita lupa untuk melakukan siaga bencana alam. Apalagi saat ini kondisi alam kita sudah tidak menentu. Selama beberapa hari berturut - turut minggu ini, terutama saat sore dan malam sering turun hujan deras, ” kata Hikman Sudirman kepada Media ini, Sabtu (18/6/2022). 

Berdasarkan analisis BMKG menyampaikan bahwa beberapa hari kedepan akan terjadi  curah hujan yang cukup tinggi terjadi hampir di seluruh Kecamatan di Kabupaten Sintang, dimana curah hujan yang tinggi bisa berdampak terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, longsor, angin kencang dan angin puting beliung. 

"Bahkan gempa bumi yang kita ketahui bisa saja melanda Negara kita Indonesia," ujarnya. 

"Harus ada sosialisasi dari pihak terkait tentang kondisi kita. Sehingga jika terjadi bencana maka masyarakat dapat mengetahui persiapan menghadapi bencana. Kita berharap kesiapan personil maupun peralatan penanganan dan penanggulangan bencana harus selalu siap," harapnya. 

Sehingga kata dia, pada saat terjadi bencana semua elemen yang bertanggung jawab dalam penanganan bencana dapat langsung bergerak sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan. Pihak - pihak terkait harus selalu waspada dan siap siaga untuk menghadapi bencana yang datang tiba - tiba tanpa adanya aba - aba. 

"Tidak ada kata terlambat untuk penanganan suatu bencana yang terjadi ditengah masyarakat. Apalagi kita sudah mempersiapkan semuanya dengan baik dan matang. Seperti halnya pepatah yang mengatakan, sedia payung sebelum hujan," tegasnya. 

Selaku wakil rakyat dirinya tentu peduli dan menghimbau agar seluruh masyarakat Kabupaten Sintang harus selalu waspada, berhati - hati dan bersiap siaga. Apalagi saat sering turun hujan yang cukup tinggi, seperti yang telah terjadi beberapa hari ini.

"Jadi kita harus selalu bersiap siaga ya, karna saat turun hujan dengan curah yang tinggi bisa saja bencana alama seperti banjir dan tanah longsor terjadi. Saya pribadi berharap mudah - mudahan tidak akan terjadi bencana alam. Semoga kita juga selalu di lindungi dan di beri kesehatan oleh sang pencipta,” tutupnya. (bn)

Share:
Komentar

Berita Terkini