Media Gathering, Sebagai Ajang Silahturahmi Jurnalis dengan Pemkab Sintang

Editor: Redaksi

Kegiatan media gathering yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang. 
Sintang Kalbar, Senentang.id - Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar kegiatan Media Gathering, bertempat di Balai Praja Kantor Bupati Sintang, Rabu (20/7/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh para Pimpinan Media baik media cetak, online maupun elektronik dan sejumlah wartawan di Sintang dan dibuka oleh Bupati Sintang yang diwakili oleh Selimin, Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian Pembangunan dan Keuangan.

"Kita sudah hidup diera digitalisasi, suatu jaman dimana pemanfaatan teknologi interet begitu masif dan dominan.
Hal ini membawa dampak yang sangat serius karena masih ada pekerjaan rumah kita bersama untuk meningkatkan literasi digital termasuk di Kabupaten Sintang. Konten negatif masih bermunculan, kejahatan di ruang digital terus meningkat, penyebaran hoax juga meluas, paham radikalisme dan intoleransi masih ada di ruang digital dan sebagainya,” kata Selimin dihadapan para wartawan yang hadir.

Pada tanggal 20 Mei 2021, Bapak Presiden Joko Widodo melaunching program literasi digital nasional. Tujuan akhirnya yaitu Indonesia makin cakap digital.

“Maka dari itu, saya mengajak seluruh pelaku pembangunan daerah, khususnya para awak media massa di Kabupaten Sintang, untuk dapat mendukung suksesnya program literasi digital nasional," ungkapnya.

Media massa sebagai pelaku yang melaksanakan fungsi edukasi kepada masyarakat, diharapkan dapat memberikan informasi dan berita yang positif, mendidik dan bermanfaat kepada masyarakat.

“Selain itu, saya juga berharap peran nyata awak media massa semakin memperkuat peran kontrol sosial, yaitu menyediakan ruang atau waktu untuk membangun kesadaran masyarakat berpartisipasi dalam mengawasi penyelenggaraan  pembangunan daerah. Hal ini sangat penting dalam upaya kita membangun tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih di Kabupaten Sintang,” ujarnya.

“Saya sangat menyambut baik kegiatan media gathering pada hari ini. Semoga silaturahmi dan sinergi antara pemerintah daerah dengan para awak media massa semakin kuat dan bermanfaat. Saya minta Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sintang dapat menfasilitasi sinergi dan kerjasama Pemda dengan awak media massa di Kabupaten Sintang,” tutup Selimin.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sintang mengatakan, Kurniawan mengatakan, Indonesia sudah memasuki tatanan masyarakat yang informatif. Peran media massa menjadi sangat penting. Peran media massa semakin signifikan dan media massa menjadi penyeimbang dalam demokrasi.

"Peran media massa juga sebagai filter terhadap isu yang beredar di masyarakat," ujarnya.

Kurniawan mengatakan, Pemkab Sintang ingin bersinergi dengan media massa dalam rangka mengkomunikasikan pesan dari pemerintah.

"Kami ingin ada optimalisasi peran media massa dalam pembangunan di Kabupaten Sintang. Kami berterima kasih atas kehadiran para awak media. Ini merupakan bagian kemitraan kita dan media gathering ini juga ajang silaturahmi kita,” tutup Kurniawan.

Ketua Panitia Media Gathering, Syukur Saleh yang juga Kepala Bidang Komunikasi Publik di Dinas Kominfo Kabupaten Sintang menyampaikan, pemerintah Kabupaten Sintang perlu menjalin hubungan baik dengan media massa sebagai sebuah organisasi dan para jurnalis secara pribadi.

“Silaturahmi dengan para jurnalis ini perlu dijaga dan diperkuat karena media massa dan jurnalis merupakan mitra dekat kami.
Media gathering ini dimaksudkan sebagai wadah komunikasi, silaturahmi dan kemitraan antara pemerintah dengan media massa serta para jurnalis dalam membangun kesamaan persepsi tentang isu-isu terkini yang ada di Kabupaten Sintang," tutup Syukur Saleh. (red).

Share:
Komentar

Berita Terkini