Covid-19 Belum Berakhir, Masih ada Varian baru

Editor: Asmuni

Anggota DPRD Sintang, Welbertus. Foto:ist
SINTANG, Senentang.id – Meskipun kondisinya tak lagi seperti tahun-tahun sebelumnya, namun pandemi Covid-19 belumlah berakhir. Masyarakat diminta untuk tetap selalu waspada dan selalu mengikuti anjuran pemerintah dalam memutus mata rantai penyebarannya.

Seperti yang disampaikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Welbertus. Ia menilai, terlebih saat ini banyak terdapat varian baru covid-19, seperti Omicron BA.4 dan BA.5. Diharapkan juga ini dapat menjadi atensi bagi Satgas Penanganan Covid-19 agar permasalahan tersebut tidak masuk ke kabupaten ini.

“Pandemi Covid-19 kita belum usai meski sekarang tidaklah separah dulu. Namun hal tersebut jangan membuat kita mengabaikannya. Berbagai upaya tetap harus dilakukan untuk menanggulanginya,” kata Welbertus.

Ia menilai, strategi untuk memberantas Covid ini ada dua, pertama adalah memakai masker, kedua adalah mempercepat vaksinasi booster. Masker untuk mencegah penularan, harus dikampanyekan dan dibagikan, yang kedua adalah untuk percepatan booster, baik itu di tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa.

“Untuk mendukung itu, diharapkan pemerintah daerah melalui gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) menggaungkan kembali penggunaan masker di ruang tertutup maupun terbuka, serta mengajak masyarakat melakukan vaksinasi dosis lanjutan atau booster, terutama di tingkat desa,” tuturnya.

Sejauh ini kata Welbertus, keberhasilan penanganan Covid-19 serta akselerasi vaksin dosis pertama dan kedua yang telah dilakukan tak lepas juga dari peran dan kerja kerja keras yang dilakukan PKK dalam mengaungkannya. Oleh karenanya hal tersebut tetap dilakukan PKK.

“Kita harapkan tiap pogram-program yang digalakan PKK sambil bekerjasama dengan Pemda Sintang dapat mengajak dan mengkampanyekan kembali penggunaan masker dan mengajak masyarakat melakukan vaksinasi booster,” terang politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini.

Welbertus menilai, bahwa penanganan pandemi, kampanye gunakan masker, vaksinasi lanjutan booster, kesehatan dan pendidikan dapat diimplementasikan dan disinkronkan dengan program PKK.

“Jadi peran Gerakan PKK ini begitu penting, karena menyentuh seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat kita. Maka dari itu, dukungan dan peran dari PKK sangatlah dibutuhkan,” pungkasnya. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini