Jalan Brigjen Katamso Sintang akan Ditutup pada Malam Hari

Editor: Redaksi author photo

Rapat Sinkronisasi Perencanaan OPD untuk menunjang Waterfront Sungai Durian. Foto:prokopim 
Sintang, Senentang.id - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sintang, Kartiyus, mengusulkan  untuk menutup Jalan Brigjen Katamso ketika waterfront sudah diresmikan dan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Sintang. 

Hal tersebut disampaikan, Kartiyus saat mengikuti Rapat Sinkronisasi Perencanaan OPD untuk menunjang Waterfront Sungai Durian di Ruang Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Rabu (11/1/2023.

Kartiyus membeberkan alasanya adalah untuk keamanan dan kenyamanan para pengunjung yang bersantai di waterfront Sungai Durian. Dengan ditutup dan bebas kendaraan, maka pengunjung akan aman dan nyaman saat bersantai. Sepeda motor parkir di pelabuhan, mobil parkir di Terminal Sungai Durian.

"Saya mendapatkan laporan, kalau malam minggu sudah ramai di kawasan waterfront. Maka kebutuhan mendesak lainya adalah adanya toilet umum. Saya minta Dinas Perkim survey untuk 3 lokasi pembangunan toilet umum," pintanya. 

"Saya juga berharap akan semakin banyak cafĂ© di kawasan waterfront nanti. Supaya tidak menumpuk di lintas Melawi. Soal kanopi ruko yang akan diseragamkan, Wakil Bupati Sintang mengusulkan agar kanopinya bisa dibuka dan ditutup," kata Kartiyus. 

Ia mengatakan, ada permintaan masyarakat agar dibangun Tourism Center di sana, supaya pengunjung luar Sintang bisa tahu tempat wisata yang ada di Kabupaten Sintang. 

"Waterfront akan menjadi tempat warga bersantai nantinya. Saya juga minta Dinas Lingkungan Hidup untuk merancang juga pot bunga dan pengelolaan sampah di kawasan waterfront. Soal parkir, kalau ada lahan kosong milik warga, bisa dilakukan kerjasama dalam pengelolaan parkir," kata Kartiyus. 

Sementara itu, Firly Fajar Riyadi, Pelaksana Pekerjaan Pembangunan Waterfront Sintang menjelaskan bahwa pihaknya akan membuat tulisan Waterfront Sintang di Jalan Brigjen Katamso menghadap ke Sungai Kapuas.

"Tulisan nanti akan cukup besar. Hurufnya sudah jadi, tinggal dipasang. Bahanya dari akrilik. Dan dibingkai lampu sehingga saat malam hari akan lebih terang. Di gerbang juga ada lampu nanti," jelasnya. 

"Kami juga menyiapkan lampu, pot bunga dan tempat sampah di setiap segmen. Di Jalan Kolonel Sugiono kami siapkan 31 buah tempat sampah 16 pot bunga dan 34 lampu. Jalan DI Panjaitan kami siapkan 18 pot bunga, 29 buah lampu dan 26 buah tempat sampah. Jalan Jenderal Sudirman kami siapkan 8 pot bunga, 15 tempat sampah dan 19 lampu. Jalan Brigjen Katamso kami siapkan 31 buah pot, lampu ada 32 buah, tempat sampah 23 buah dan 16 buah foodstall. Diantara bunga juga kami siapkan tempat duduk santai," tutup Firly Fajar Riyadi. (RILIS PROKOPIM) 

Share:
Komentar

Berita Terkini