Deklarasi ODF dan Peresmian Kantor Desa Bokak Sebumbun

Editor: Redaksi author photo

Penandatanganan prasasti Deklarasi ODF dan peresmian kantor Desa Bokak Sebumbun oleh Wakil Bupati Sekadau, Subandrio. Foto:am 
SEKADAU, SN - Wakil Bupati Sekadau, Subandrio meresmikan Kantor Desa Bokak Sebumbun, kecamatan Sekadau Hilir. Selain peresmian kantor desa, juga dilakukan Deklarasi ODF (Open Defication Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) pada Senin 28 Agustus 2023 pagi. 

Dalam sebutannya, Wakil Bupati Sekadau, Subandrio mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau mengucapkan selamat atas diresmikannya kantor Desa Bokak Sebumbun dan Deklarasi ODF. 

"Ini tentu sangat membanggakan, karena sejak tahun 2022 lalu kita melakukan gerakan desa ODF. Setiap desa kita mencanangkan satu kecamatan tiga desa," ujarnya. 

Subandrio mengatakan, ada satu kecamatan yang sudah melebihi target yakni Kecamatan Sekadau Hulu. 

"Kita targetkan tiga desa tapi mereka siap untuk lima desa," terangnya. 

Kemudian lanjut dia, ada dua kecamatan yang akan ditargetkan untuk ODF kecamatan yakni kecamatan Belitang dan Kecamatan Nanga Taman. 

"Karena di Kecamatan Belitang dari tujuh desa tinggal tiga desa yang belum Deklarasi ODF. Demikian juga dengan Nanga Taman," katanya. 

"Nanti minta kepada Kepala Dinas berkoordinasi dengan Camat dengan kepala desa supaya segera kita deklarasikan ODF untuk Kecamatan Belitang dan Kecamatan Nanga Taman sehingga bisa kita ODF kan untuk tingkat Kecamatan," tambahnya. 

"Pemerintah Kabupaten Sekadau sedang intens melakukan deklarasi ODF nersama stakeholder dan masyarakat. Karena pemerintah pusat sedang mencanangkan untuk penurunan angka stunting seluruh Indonesia di angka 14 persen pada tahun 2024," kata Subandrio lagi. 

Penurunan angka stunting kata dia, tidak akan bisa dilaksanakan tanpa penurunan angka stunting di tingkat provinsi, kabupaten dan desa. 

Maka harus dilakukan dari tingkat bawah atau desa, baru angka stunting seluruh Indonesia bisa diturunkan," pungkasnya. 

Hadir dalam kegiatan ini, Anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari Fraksi Partai Demokrat, Jefray Raja Tugam, Forkopimda, beberapa Kepala SKPD, Ketua GOW, Wiwin Atriana Subandrio, Plt. Camat Sekadau Hilir, Zulfiakli, Kades Bokak Sebumbun, Klemens Karya Panama, Staf dan Kaur desa Bokak Sebumbun, beberapa Kades tetangga dan Undangan lainnya. (red) 

Share:
Komentar

Berita Terkini