Kurang Lebih 6 Hektar Lahan Terbakar di Dusun Kesimui Lembah Beringin, ini Sebabnya

Editor: Redaksi author photo

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) milik pribadi di Sungai Beritu dusun Kesimui desa Lembah Beringin Kecamatan Nanga Mahap. Foto:ist 
SEKADAU, SN - Terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) milik pribadi di Sungai Beritu dusun Kesimui desa Lembah Beringin Kecamatan Nanga Mahap Kabupaten Sekadau pada 14 Agus 2023. 

Kebakaran yang terjadi ini bermula saat pemilik lahan pribadi di Dusun Kesimui membakar lahannya. Namun tidak disangka api lahan tersebut merambat ke lahan lainnya karena ditiup angin yang kencang sehingga kebakaran pun meluas hingga kurang lebih 6 hektare. 

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sekadau, Akhmad Suryadi menjelaskan bahwa Pemilik lahan, Petrus Bintang, Aboi,  Helmi,  Yulius leot sukardi dan Yus, membakar lahan untuk berkebun pada hari Senin tanggal 14 Agustus 2023. 

"Api pun menjalar karena tiupan angin yang cukup kencang. Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan pada Dinas Kehutanan (UPT KPH) Kabupaten Sekadau mendatangi  lokasi tanggal 14 agustus 2023 untuk membantu pemilik lahan memadamkan api," jelasnya. 

Akhmad mengatakan, UPT KPH Kabupaten Sekadau mengubungi BPBD Kabupaten Sekadau Selasa pagi dan mendapatkan informasi api belum padam. 

"BPBD Kabupaten Sekadau pun dengan sigap merapat ke lokasi kebakaran lahan milik pribadi tersebut di desa Kesimui desa Lembah Beringin pada pukul 14:00 WIB," ujarnya. 

"Alhamdulillah api yang membakar lahan tersebut dapat di padamkan sekitar pukul 18:00 WIB," ungkapnya. 

Akhmad Suryadi menerangkan bahwa luas lahan yang terbakar itu lebih kurang 6 hektar.

Sumber: Rilis BPBD Sekadau 

Share:
Komentar

Berita Terkini