Subandrio: Korupsi dapat Terjadi Dimana Saja dan Oleh Siapa Saja

Editor: Redaksi author photo

Wakil Bupati Sekadau, Subandrio, membuka secara resmi kegiatan Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2023. Foto:ist
Sekadau, Senentang.id - Wakil Bupati Sekadau, Subandrio, membuka secara resmi kegiatan Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2023 di Ruang Serba Guna Lantai II kantor Bupati Sekadau pada Selasa (5/12/23). Dengan tema "Sinergi, Berantas Korupsi, untuk Indonesia Maju," kegiatan ini mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Inspektorat Kabupaten Sekadau.

Inspektur Kabupaten Sekadau, Awan Yudha Setiawan, menyampaikan bahwa kegiatan Hakordia bertujuan memperkuat sinergi dan kolaborasi antara Instansi Vertikal, Pemerintah Daerah, Sektor Usaha, Sektor Pendidikan, dan Organisasi Masyarakat dalam upaya pemberantasan korupsi. Wakil Bupati Subandrio memberikan apresiasi kepada Inspektorat yang memfasilitasi kegiatan tersebut.

Wakil Bupati Subandrio mengingatkan bahwa korupsi dapat terjadi di mana saja dan oleh siapa saja. Oleh karena itu, pemerintah terus berupaya mencegahnya melalui berbagai aturan dan kebijakan. Ia mencatat bahwa Kabupaten Sekadau telah mengembangkan tata kelola pemerintahan yang semakin baik, dengan indikator Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK menunjukkan peningkatan capaian dari 48 persen pada 2021 menjadi 80 persen pada 2023.

"Ini artinya kita sebagai perangkat di daerah sudah berupaya semaksimal mungkin untuk bekerja sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang ada," ujar Wakil Bupati Subandrio.

Selain itu, Wakil Bupati Subandrio meminta agar setiap ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau mendapatkan sosialisasi anti korupsi setiap tahun. Hal ini dianggapnya sangat penting untuk memperkuat capaian sistem tata kelola pemerintahan yang lebih baik, mendukung pembangunan yang kompetitif dengan daerah lain.

"Saya meminta kepada kita semua, melalui peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia ini, agar kita merubah cara pikir dan cara pandang kita untuk mengelola pemerintahan kita yang lebih bersih, transparan, dan berwibawa," tandasnya.

Kegiatan ini turut diisi dengan pembacaan puisi oleh Angelica Melinda, siswi SMP Negeri 1 Sekadau Hilir, dan penyerahan penghargaan atas percepatan penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) BPK RI kepada BKPSDM, Dinas Kesehatan, PP dan KB, Dinas Perkimtan, dan Dinas PUPR. Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Ketua DPRD Sekadau, Kapolres, Kajari, Sekretaris Daerah, Widyaiswara Madya BPSDM Provinsi Kalimantan Barat Dr. Ersa Tri Fitriasari sebagai narasumber kegiatan, Kepala Dinas, Kepala Bagian, Organisasi Masyarakat, Pelaku Usaha, dan tamu undangan lainnya. (prokopim/am)

Share:
Komentar

Berita Terkini