Bupati Aron Buka Kegiatan Rapat Anggota KSP. CU Usaha Kita

Editor: Redaksi author photo

Rapat Anggota KSP. Credit Union Usaha Kita (CUUK) Tahun Buku 2023 bertempat di Wisma Golgota Sungai Ayak, Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau. Foto:dn
Sekadau, Senentang.id — Bupati Sekadau, Aron membuka acara Rapat Anggota KSP. Credit Union Usaha Kita (CUUK) Tahun Buku 2023 bertempat di Wisma Golgota Sungai Ayak, Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau. Kamis (7/3/2024). Kedatangan Bupati Sekadau bersama robongan disambut dengan persembahan dan Tari Lesung Mualang.

Pada kesempatan itu, Bupati Sekadau, Aron, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengurus, pengawas, manajemen dan seluruh anggota CU Usaha Kita yang pada kesempatan tersebut bisa menyelenggarakan RAT tahun buku 2023.

Saya juga berpikir bahwa CU atau koperasi itu dari anggota dan untuk anggota. CU ini punya kita bersama, pemegang sahamnya juga kita jadi wajar jika anggota-anggotanya lebih sejahtera,” ungkap orang nomor satu di Bumi Lawang Kuari tersebut.

Bupati berpesan kepada pengurus agar menurunkan angka kredit macet karena menurutnya, sebuah koperasi akan berjalan lancar jika angka kredit macetnya kecil.

“Uang kita ini diberikan kepada anggota, seharusnya anggota juga rutin memberikan ke CU. CU akan hancur apabila orang-orang didalamnya tidak komitmen. Saya berharap CU bisa maju dan berkembang,” ungkapnya

Bupati Aron menyebut ada sebanyak 203 Koperasi di kabupaten Sekadau, semua itu sehat dan melaksanakan RAT. Ini lanjut dia, sangat membantu pemkab Sekadau dengan menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga pertumbuhan ekonomi juga besar.

Aron minta kepada KSP CU Usaha Kita agar melakukan pemberdayaan terhadap kelompok petani, terutama petani sawit agar mereka bisa mendapatkan pupuk murah, supaya usaha petani berjalan lancar.

Biarkan anggota yang berbisnis, CU cukup melaksakan simpan pinjam dan konsen kepada konteks ‘Dari Anggota Untuk Anggota,” kata Bupati Aron.

Sementara itu, Ketua Pengurus CU Usaha Kita, Lukas, mengatakan pihaknya sudah melaksanakan audit eksternal dari akuntan publik, hasilnya menggunakan pelaporan keuangan yang baru yaitu Standar Akuntansi Keuangan Entitas Privat (SAK EP) pengganti Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP).

"Hasil kinerja pengurus cukup bagus, kita tidak mengalami SHU (Sisa Hasil Usaha) minus, tidak pernah ada tanda minus dan di angkanya, selalu plus. Dari hasil audit oleh auditor independen, kategori untuk KSP Usaha Kita ini menurut opini, Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” terang Lukas

Usai acara pembukaan RAT, Bupati Aron bersama SKPD dan rombonngan didampingi Camat Belitang Hilir, Evodius, General Manager KSP CUUK, Frokovius Frans dan rombongan diarahkan untuk meninjau kantor KSP CU Usaha Kita yang berlokasi di jalan Trans Madya No. 100, Sungai Ayak Dua, Kecamatan Belitang Hilir. (dn/as)

Share:
Komentar

Berita Terkini