Sosialisasi Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru

Editor: Admin author photo
SEKADAU, senentang.id - Sosialisasi program Desa Mandiri menuju langit biru dilaksanakan oleh Koramil Nanga Mahap, bertempat di Balai Batomu Nanga Mahap, Jum'at (27/2). Kegiatan ini dilakukan dengan maksud untuk menyampaikan Program Lagit Biru diwilayah Provinsi Kalimantan Barat dengan tujuan menyampaikan interprestasi Program Langit Biru dalam aplikasi lingkungan. Khususnya di Kecamatan Nanga Mahap. 

Hadir dalam kegiatan tersebut kurang lebih 60 orang terdiri dari Camat Nanga Mahap, Kepolisian Nanga Mahap, Kades-Sekdes dan BPD se-Kecamatan Nanga Mahap, perwakilan Perusahaan PT.LBP, PT.MBJ, relawan Tagana, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, Brigade  Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH wil Sekadau), Relawan Destana Nanga Mahap, pengurus GP Ansor Mahap, Relawan Balakar  (Banser Penanggulangan kebaran).

Konsep pentahelik sejalan dengan inpres RI No. 11 tahun 2015 ttg peningkatan pengendalian Karhutla (semua Stakenholder) melalui Metoda “ Serok” (serbu dan Keroyok) dengan pendekatan peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa yang diselaraskan dengan pembangunan desa mandiri (Program Andalan). 

Collaborative Action oleh Pemprov Kalbar untuk tangani Karhutla, Melibatkan semua unsur terkait, dan  organisasi peduli Karhutla lainnya. 

Dengan dasar hukumnya UUD No. 34 tahun 2004 tetang Tentara Nasional Indonesia Operasi Militer Perang ( OMP ) dan Operasi Militer Selain Perang ( OMSP)
Inpres RI No. 11 tahun 2015 tetang Peningkatan Pengendalian Kebaran Hutan dan Lahan, Pergub Kalbar Nomor 1 tahun 2019 tetang  Percepatan Peningkatan Startus Kemajuan dan kemandirian desa.

Camat Nanga Mahap, Acung Yulius menyambut baik kegiatan ini karena akan memberikan pemahaman kepada seluruh peserta untuk mengurangi kabut asap di wilayah desanya.

Kepala Desa Nanga Mahap Saherman  mengatakan, kegiatan ini memberikan dampak positif bagi desa desa yang berada di Kecamatan Nanga Mahap terutama bagi desa yang dipersiapkan menjadi Desa Mandiri harapannya agar kegiatan yang serupa bisa terlaksana kembali.

Koramil Nanga Mahap, Kapten INF/ 624139 Asep Trisman S, mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari satuan diatas, dimana kita mengajak masyarakat dalam meningkatkan pembangunan dan mengatasi bencana asap selama ini belum bisa di atasi, perlu bersinergi berbagai komponen masyarakat dalam rangka mengurangi kabut asap di wilayah Nanga Mahap. 

Koramil juga menyampaikan ucapan terimaksih kepada seluruh masyarakat Kecamatan Nanga Mahap (hms/Meri)

Editor: Asmuni 
Share:
Komentar

Berita Terkini