Bupati Sintang Serahkan Bantuan Sembako Kepada Pekerja Pasir

Editor: Admin author photo
Penyerahan bantuan sembako 
SINTANG, senentang.id - Pemerintah Kabupaten Sintang kembali menyerahkan bantuan sosial bagi masyarakat terdampak covid-19 bagi para pekerja penambang pasir di sekitaran pinggiran Sungai Melawi, Kampung Ladang, Kecamatan Sintang, yang di serahkan langsung oleh Bupati Sintang Jarot Winarno, Selasa (2/6/2020) sore.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sintang, Setina mengatakan, ada 65 orang para pekerja tambang pasir di kawasan pinggiran Sungai Melawi, Kampung Ladang yang menerima bantuan sosial berupa sembako, terdiri dari beras 10 kilogram, Mie instan 1 dus dan minyak goreng dua liter yang diterima masing-masing pekerja. 

Setina, menambahkan, disalurkannya bantuan tersebut, karena para pekerja yang tergabung dalam asosiasi penambang pasir mengajukan surat permohonan kepada Dinas Sosial. Kemudian dilakukan tindak lanjut ke lapangan untuk memastikannya. Setelah itu kata setina, di sampaikan ke Bupati dan di setujui. 

Setina mengatakan, hampir sebagian besar para pekerja ini tidak menerima bantuan lain yang sudah di salurkan pemerintah sebelumnya, seperti BST, PKH, BPNT sembako dan lainnya, karena sebagian besar masih tergolong keluarga muda dan belum terdaftar di data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). 

Bupati Sintang, Jarot Winarno menjelaskan bahwa, dampak dari pademi covid-19 sangat besar terutama sektor ekonomi. Salah satunya para penambang pasir seperti ini, terlebih proyek pembangunan atau pembangunan lainnya yang memamg memerlukan material pasir saat ini juga tersendat, sehingga berdampak terhadap para penambang pasir. 

“Tentulah penghasilan menurun. Inilah sesuai, macam sidak duan penambang pasir ni, tau di beri bantuan, tapi nda seberapa bantuan yang kami kasi, mudah-mudahan bisa bantu meringan beban sidak duan,” ucap Jarot menggunakan bahasa melayu setempat. 

Menurutnya, ini bisa menjadi contoh, jika ada kelompok masyarakat yang layak untuk di bantu sesuai dengan target sasaran itu sangat mudah. Untuk itulah Jarot meminta menyampaikan langsung permohonan kepada Dinas Soial Kabupaten Sintang kemudian di tindaklanjuti dan diseteujui, maka akan di salurkanlah bantuan seperti hari ini. 

“Jangan lihat jumlahnya, tapi inilah bentuk silaturahim pemerintah dengan masyarakat. Terimakasih kita sampaikann kepada Dinas Sosial yang sudah menyiapkan bantuan ini, semoga bermanfaat,” ungkap Jarot Winarno 

Selain itu, Jarot juga mengingatkan kepada para penambang pasir, agar dalam bekerja bisa menerapkan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah, seperti menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan ketika akan dan sudah beraktivitas. Terlebih jika pulang kerumah. Hal itu guna bersama-sama memutus mata rantai penyebaran covid-19 dilingkungan masyarakat. 

Jarot, juga menyampaikan, sampai saat ini Pemkab Sintang sudah menyalurkan bantuan sosial hampir kepada Rp40 ribu lebih kepala keluarga. Untuk itulah ia mengingatkan lagi, jika ada kelompok masyarakat yang memang layak untuk dibantu, silakan menyampaikan permohonan kepada Dinas Sosial Kabupaten Sintang, maka akan di tindak lanjuti. (*) 
Share:
Komentar

Berita Terkini