Pjs Bupati Sintang Tinjau Lokasi Pasca Kebakaran 9 Ruko di Jalan Partisipasi

Editor: Admin author photo

Lokasi pasca kebakaran 

SINTANG, senentang.id - Pjs Bupati Sintang Florentinus Anum didampingi Wakapolres Sintang Kompol Alber Manurung, SH, SIK, Dandim 1205 Sintang Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan, Kepala BPBD Bernard Saragih, Kepala Kesbangpol Budi Harto dan pejabat Sat Pol PP Sintang meninjau lokasi kebakaran rumah toko di Jalan Partisipasi Kompleks Pasar Raya Sintang, Jumat (2/10). 


Pada musibah kebakaran ruko yang terjadi pada Kamis, 1 Oktober 2020 sekitar pukul 16.15 WIB tersebut, 9 ruko hangus. Pjs Bupati Sintang menyampaikan turut prihatin atas musibah kebakaran tersebut. Ia menyampaikan, musibah kebakaran kemarin mampu dilokalisir oleh tim pemadam kebakaran yang terdiri dari pemadam kebakaran Pemkab Sintang, Busera, BNPB dan Polres Sintang. 


“kalau kita melihat kiri kanan, depan belakang lokasi kebakaran, jarak bangunan sangat dekat. Ini sangat rawan untuk menimbulkan kebakaran yang lebih besar, tetapi mampu diblokir sehingga tidak menjalar ke ruko lain. Di belakang ruko ada Kantor BRI dan rumah sakit. Namun ada 9 ruko yang terbakar. Kronologis terjadi kebakaran masih dalam pendalaman. Kita akan terus memberikan dukungan kepada korban kebakaran supaya tetap sabar dan tenang” ujar Florentinus Anum. 


“soal jika pemilik ruko ingin membangun ulang tempat usahanya, kita akan mempelajari ketentuan dan aturan yang berlaku. Dan proses ijin harus tetap sesuai aturan yang ada. Saya menyarankan agar pembangunan ulang ruko nanti harus sesuai dengan kriteria dan kualifikasi bangunan yang aman" pintanya. 


Pasar seperti ini kata dia, harus menyediakan sarana dan prasarana yang  menunjang jika terjadi musibah seperti ini. Penyediaan sumber yang baik dengan membangun  bak air dalam tanah seperti yang ada di pasar raya sintang ini. Sehingga kalau ada musibah kebakaran, sumber air sudah siap. Hydrant juga agar disediakan. 


Sementara Wakapolres Sintang, Kompol Alber Manurung, S.I.K menyampaikan lokasi musibah kebakaran sudah dipasang police line dan dilanjutkan dengan tindakan penyelidikan lebih lanjut. 


“kami menyampaikan dukacita dan prihatian atas musibah ini. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Soal hasil penyelidikan oleh tim Polres Sintang, nanti akan  disampaikan. Detail kerugian masih diteliti dan didata” jelas Kompol Alber Manurung. (hms) 

Share:
Komentar

Berita Terkini