Pjs Bupati Sintang Buka Kegiatan Sosialisasi dan Rakor Pilkada

Editor: Admin/gon author photo

 Florentinus Anum

SINTANG, senentang.id - Pjs. Bupati Sintang Florentinus Anum, menghadiri sekaligus membuka kegiatan sosialisasi dan rapat koordinasi pemantapan Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Sintang, Selasa (17/11/2020) di Pendopo Bupati Sintang. 


Dalam arahannya, Florentinus Anum mengatakan penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2020 ini memerlukan perhatian, kerjasama dan dukungan serta koordinasi dari semua pihak, khususnya anatara para penyelenggara dengan institusi terkait, agar berjalan dengan baik dan tingkat partispasi masyarakat meningkat dari pemilu sebelumnya. Karena akan mustahil KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara akan berhasil tanpa adanya  dukungan dan koordinasi dari semua pihak, dan yang terpenting pula penyelenggaraan pilkada yang jujur dan kredibel tentu saja akan membuat pilkada dapat berjalan dengan lancar dan baik. 


Pelaksanaan pemungutan suara sudah sangat dekat, dimana saat ini berada dalam tahapan masa kampanye,  untuk  itu  secara  bersama terus – menerus memantapkan  kesiapannya dengan menjaga situasi keamanan, ketertiban dan penyelengaraan pilkada itu sendiri.


“untuk itu, kpu dan bawaslu serta jajarannya tidak boleh lengah, karena pilkada yang digelar tahun ini berbeda dengan pelaksanaan pilkada sebelumnya, karena dilaksanakan  di tengah pandemi covid – 19. jadi kita berharap pilkada 9 desember 2020 ini, pelaksanaannya bukan hanya lancar dan aman dari konflik, tetapi juga harus aman dari covid– 19” kata Anum.

 

Selain di laksanakan di tengah masa pandemi covid-19, dalam proses tahapan Pilkada ini juga diingatkan Anum, ada tiga yang harus menjadi perhatian seperti kondisi alam, sarana prasarana (logistik pilkada) dan SDM penyelenggara. 


“kondisi alam atau geografis di perhatikan karena berdasarkan ramalan BKMG pada november-desember ini intensitas curah hujan cukup tinggi, jadi antisipasi kemungkinan terjadi banjir, longsor dan bencana lainnya, karena itu menyakut proses penyaluraan logistik nanti”ingat Anum.


Untuk itulah Anum meminta penyelenggara Pilkada bersama seluruh stakeholder yang terlibat, memetakan wilayah-wilayah yang geografisnya cukup rawan atau sulit di jangkau baik melalui jalur darat maupun jalur sungai. 


“saya minta petakan wilayah-wilayah yang sulit di jangkau, yang kondisi geografisnya cukup rawan, contoh kalau penyaluran logistik, daerah-daerah tersebut yang menjadi prioritas. Agar semua proses tahapan pemungutan suara nantinya tanpa hambatan. Kawal dan pantau dari awal sampai berakhirnya semua proses pilkada di semua daerah. Ini tanggung jawab bersama”pesan Anum.


Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Sintang, Hazizah menyampaikan, untuk tahapan pilkada Kabupaten Sintang, saat ini KPU sedang melakukan persiapan di sumber daya manusia (SDM) badan Ad Hoc, yang mana pada hari ini sudah mulai pelaksanaan rapid test untuk TPS, KPPS dan PPK dengan jumlah 13.222 personil yang di lakukan secara bertahap oleh Dinas Kesehatan dan Puskesmas masing-masing Kecamatan. 


“kemudian daftar pemilih tetap (dpt) yang sudah kami tetapkan dari 14 kecamatan, 406 desa/kelurahan, 1.186 tps dengan jumlah DPT 289.554 pemilih”jelas Hazizah. Kami berharap juga pihak keamanan juga sudah mulai memetakan bagaimana personilnya untuk bisa di tempatkan membantu kami dalam tugas pengamanan” ungkapnya. 


Hazizah mengungkapkan, pihaknya menargetkan partisipasi pemilih pada pilkada 2020 ini harus meningkat dengan mengacu pada standard nasional yaitu 77,5 %. “kita targetkan partisipasi pemilih pada pilkada ini 77,5% sesuai standard KPU RI atau nasional, dengan target peningkatan partisipasi tersebut berarti tingkat kesadaran masyarakat akan penting hak suaranya pada pemilu itu untuk menentukan arah bangsa atau daerah menjadi tinggi”ungkap Hazizah.  


Usai pembukaan, Pjs Bupati Sintang bersama unsur Forkopimda, Ketua KPU & Bawaslu, menyampaikan materi kepada para peserta yang hadir. Kemudian di lanjutkan dengan pembacaan & penanda tanganan Deklarasi Pilkada Sehat, Damai & Berintegritas di Kab. Sintang. (hms)

Share:
Komentar

Berita Terkini