Pjs Bupati Sintang Kunker ke Nanga Kemangai Kecamatan Ambalau

Editor: Admin/gon author photo


Monitoring persiapan Pilkada 2020

SINTANG, senentang.id - Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sintang, Florentinus Anum melakukan kunjungan kerja ke Nanga Kemangai Kecamatan Ambalau Jumat, 27 November 2020. Dalam kunjungan kerja tersebut, Pjs Bupati Sintang melakukan pertemuan dengan Panwascam, PPK, Pemerintah Kecamatan Ambalau dan anggota Forkopimcam Ambalau di Gedung Serbaguna Kecamatan Ambalau 


Pjs Bupati Sintang, Florentinus Anum mengajak semua elemen di Kecamatan Ambalau untuk mengupayakan cipta kondisi keamanan. Semua harus mengambil bagian dalam menciptakan keamanan dan ketertiban. Jangan bertindak yang kontra produktif. Keamanan bukan saja menjadi tanggung jawab Polri dan TNI, tetapi semua orang pribadi. 


"Saya minta penyelenggara dan pengawas harus tegas dan menguasai aturan serta menjamin kesehatan pemilih dengan menerapkan protokol kesehatan. Terapkan 12 kebiasaan baru di TPS. Pilkada Sintang harus sukses namun aman dari covid-19" pesan Florentinus Anum 


Florentinus Anum juga berpesan agar dalam distribusi logistik pilkada nanti penyelenggara harus tepat waktu dan tepat jumlah serta aman. Logistik pilkada harus dijaga dengan ketat dan diperlakukan khusus. Kalau ada yang mengganggu berikan tindakan tegas. 


Sekretaris Kecamatan Ambalau A. Nopeka Kusnadi menjelaskan bahwa Kecamatan Ambalau memiliki luas sekitar  29,2 persen dari luas Kabupaten Sintang. "Inilah salah satu tantangan kami di Ambalau. Kami hanya menggunakan jalur sungai. Proses distribusi logistik saat musim hujan justru lebih mudah karena air sungai tinggi dan semua desa bisa dijangkau dengan speedboat" terang Sekcam Ambalau.


Awalnya kata dia, Kecamatan Ambalau memiliki 9 desa sekarang sudah 33 desa karena adanya pemekaran. Dari 33 desa tersebut berada di 


Empat jalur sungai yakni Ambalau,  Melawi, Jengonoi dan Mentomoi. Soal distribusi logistik pilkada hanya akan mengalami kesulitan untuk desa yang berada di hulu sungai karena ada yang ditempuh dengan jalur sungai baru lanjut menggunakan jalan darat. 


"Jumlah penduduk berdasarkan sensus penduduk 2020 adalah 14. 378 jiwa. Jumlah DPT mencapai 9. 933 pemilih. Dari 33 desa tingkat kelahiran sangat sedikit hanya sekitar 100 kelahiran pertahun saja sehingga hampir tidak ada penambahan jumlah pemilih pada setiap pemilu. Di Ambalau biasanya mencapai 70 persen saja tingkat partisipasi pemilih pada setiap pemilu. Jumlah TPS saat ini ada 50 TPS," ujar A. Nopeka Kusnadi. (hms)

Share:
Komentar

Berita Terkini