Ini Pelaksana Harian PKK Kabupaten Sintang

Editor: Redaksi


SINTANG, senentang.id - Pelaksana Harian (Plh) Bupati Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si menghadiri serah terima jabatan dan penyerahan memori dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang masa bhakti 2016-2021 Ny. Rosinta Askiman kepada Pelaksana Harian Ketua TP PKK Kabupaten Sintang Ny. Yosepa Sepina Biong di Balai Ruai, Jumat (19/2/2021). 

Hadir dalam kegiatan tersebut pengurus PKK Kabupaten Sintang, Maryadi Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sintang dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah yang merupakan mitra PKK Kabupaten Sintang.

"Baru saja secara bersama-sama kita menyaksikan acara serah terima memori pelaksanaan tugas ketua tim penggerak PKK kabupaten sintang masa bhakti tahun 2016-2021. Momentum ini tentunya merupakan manifestasi dari dedikasi dan kecintaan sekaligus pertanggungjawaban dari kepengurusan periode sebelumnya kepada kepengurusan berikutnya dalam menjalankan roda organisasi. Semangat anggota PKK membantu pemerintah dalam mensukseskan program peningkatan kesejahteraan masyarakat patut untuk diapresiasi secara positif. saat ini gerakan PKK telah mampu mewujudkan perannya sebagai motivator dan dinamisator dalam kehidupan masyarakat, meskipun sifatnya pengabdian, namun organisasi pkk tetap sungguh-sungguh dalam membina kader dan memberdayakan masyarakat” ujar Plh Bupati Sintang, Yosepha Hasnah

“Kita ketahui bersama tahun 2020 yang lalu bukanlah tahun yang mudah bagi kita semua, termasuk seluruh keluarga besar tim penggerak PKK kabupaten Sintang. Saat ini tantangan kita semua semakin berat. pandemi covid-19 yang masih melanda bangsa-bangsa di dunia termasuk kita di Indonesia telah membawa dampak yang luas terhadap seluruh sektor kehidupan, tidak hanya di bidang kesehatan saja namun juga di bidang ekonomi, sosial budaya dan pendidikan. Dibidang ekonomi, kita mengetahui sangat banyak saudara-saudara kita yang harus kehilangan mata pencahariannya. Dibidang pendidikan kita juga mengetahui sudah hampir satu tahun anak-anak kita tidak dapat belajar bertatap muka di sekolah seperti biasanya. Kenyataan pahit ini, harus kita hadapi dan menjadi cambuk untuk menghadapi pandemi covid 19. dimana upaya preventif (pencegahan) akan lebih didahulukan dari pada kuratif (pengobatan). Untuk itu, saya berharap seluruh  keluarga besar PKK Kabupaten Sintang menjadi garda terdepan dalam memutus mata rantai penyebaran dan penularan covid-19. Dalam memasuki tatanan normal baru atau adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi covid-19, mari kita bersama-sama menjadi pelopor dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Kita juga terus berdo’a kepada Tuhan, mudah-mudahan wabah ini segera berlalu.” papar Plh Bupati Sintang. 

Selanjutnya, Ny. Rosinta Askiman menyampaikan bahwa hakikat pembangunan nasional adalah pembangunan manusia seutuhnya dan masyarakat Indonesia seluruhnya. Hal tersebut bisa terwujud jika kesejahteraan keluarga dapat dilaksanakan dengan baik. Keluarga sejahrera dicirikan dengan adanya suasana kehidupan keluarga yang saling mengasihi sebagai norma dasar terwujudnya keharmonisan kehidupan berkeluarga yang didukung oleh kehidupan sosial ekonomi dalam memenuhi kebutuhan hidup setiap anggota keluarga. 

Namun kenyataannya kata dia, upaya tersebut sering kali terhambat oleh kondisi sosial ekonomi keluarga yang masih belum sejahtera. Keberadaan PKK yang memiliki jaringan hinga ke kelurahan dan desa bahkan dusun, sehingga PKK sangat strategis dalam upaya menanggulangi persoalan kesejahteraan keluarga. Selama ini, dalam pergerakan peran serta masyarakat melalui gerakan PKK semakin nyata. Namun, kedepannya, agar memperoleh hasil yang maksimal, diharapkan adanya inovasi dan kreativitas yang tinggi dalam menyusun program kerja yang sejalan dengan 10 program pokok PKK dan dapat melaksanakan pengabdiannya dengan tulus dan ikhlas. 

“Saya berharap, agar PKK semakin tumbuh dan berkembang sebagai sebuah gerakan sosial yang terlebih terlepas dari kepentingan politik. Terima kasih kepada seluruh OPD yang bermitra dengan PKK dan seluruh pengurus, kader PKK kecamatan, kelurahan, desa dan dusun yang sudah mensukseskan kepemimpinan saya selama 5 tahun. Saya berharap dan menitipkan pesan kepada pengurus agar dapat meneruskan dan mensukseskan program kerja yang sudah di buat” harapnya. 

“Saya mohon maaf jika selama memimpin PKK selama 5 tahun ini, ada kata, sikap dan prilaku yang kurang berkenan. Semoga kedepan PKK semakin baik” tutup Rosinta Askiman

Ketua Harian PKK Kabupaten Sintang, Yosepa Sepina Biong menyampaikan, PKK memiliki peranan penting dalam dalam pemberdayaan ekonomi keluarga. PKK merupakan sebuah gerakan yang muncul dari bawah khsusus untuk kalangan wanita. Tujuan utama gerakan PKK adalah mewujudkan keluarga yang sejahtera dan mampu menciptakan kesadaran, keserasian dan keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin. Keluarga harus diupayakan menjadi sejahtera, karena keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat. Suatu masyarakat akan baik jika keluarga-keluarga yang ada tercipta sebuah keluarga yang harmonis.  

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Ibu Rosinta Askiman atas kepercayaannya kepada saya untuk menjadi Pelaksana Harian Katua PKK Kabupaten Sintang. Saya akan berusaha meneruskan program kerja yang telah dibuat dan menjalankan kebijakan ketua sebelumnya. Saya berharap kerjasama, partisipasi dan dukungan dari segenap pengurus PKK Kabupaten Sintang dalam menjalankan tugas ini. Semoga Ibu Rosinta Askiman selalu sukses dan Ibu Rosinta Askiman beserta keluarga selalu diberikan kesehatan” ungkap Yosepa Sepina Biong. (hms) 

Share:
Komentar

Berita Terkini