Plh Bupati Sintang Ajak PKK Sukseskan Program Vaksinasi

Editor: Redaksi


SINTANG, senentang.id - Pelaksana Harian (Plh) Bupati Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si menghadiri serah terima jabatan dan penyerahan memori dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang masa bhakti 2016-2021 Ny. Rosinta Askiman kepada Pelaksana Harian Ketua TP PKK Kabupaten Sintang Ny. Yosepa Sepina Biong di Balai Ruai, Jumat (19/2/2021). 

Saat memberikan sambutan pada acara tersebut, Plh Bupati Sintang Yosepha Hasnah menyampaikan bahwa pemerintah sedang gencar-gencarnya untuk melaksanakan vaksinasi covid-19. “Saya bersama beberapa orang sudah menerima vaksin dosis pertama dan kedua. Menurut saya, setiap orang yang akan menerima vaksin, sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik. Mungkin saya menjadi penerima vaksin yang tertua di Sintang yang sudah dilakukan dua kali. Usia saya sudah 57 tahun," ujarnya. 

“Untuk menerima vaksin kemarin, saya melakukan beberapa persiapan. Seminggu sebelum menerima dosis pertama, saya menghindari makan daging, saya hanya konsumsi ikan dan sayur-sayuran yang dimasak sederhana dan banyak minum air putih. Tiga hari sebelum menerima vaksin, saya cek lagi tensi dan yang lain. Saran saya, perbanyak juga istirahat. Yang kita khawatirkan adalah tensi naik saat akan menerima vaksin. Pengalaman saya kemarin saat divaksin, tidak mengalami apa-apa. Biasa saja rasanya. Memang setiap orang beda-beda, ada yang mengalami ngantuk, pegal-pegal atau pusing. Saya tidak mengalami hal tersebut. Bahkan saya sempat curiga, saya benar di vaksin apa tidak. Saya sampai tanya Kadis Kesehatan. Setelah di vaksin itupun, hari keempat dan kelima yang ada rasa agak hangat di dalam tubuh. Tapi tidak apa-apa. Dan 14 hari setelah menerima vaksin dosis pertama, saya kembali menerima vaksin dosis kedua. Juga tidak mengalami apa-apa” cerita Yosepha Hasnah. 

Ia menambahkan persiapannya untuk menerima vaksin dosis kedua juga sama dengan persiapan saat menerima vaksin dosis pertama. Banyak konsumsi sayur dan minum air putih. Tidur juga harus cukup dan mengurangi bertemu dengan orang banyak. Yosepha mengatakan, penerimaan vaksin dosis kedua juga ia lewati dengan baik. 

Untuk ibu-ibu yang tidak mempunyai penyakit bawaan dan akan menerima vaksin pada saatnya nanti, tidak usah takut dengan vaksin. Namun perlu persiapan. Kalau bisa olahraga ringan juga lebih baik. Minum air putih hangat saat bangun tidur. Jangan sampai takut yang berlebihan saat mau menerima vaksin. "Kalau vaksin covid-19 inikan, virus yang sudah dimatikan, dimasukan ke dalam tubuh kita, supaya fungsi imun tubuh kita bertambah. Setelah 14 hari penerimaan vaksin dosis kedua, imun kita sudah semakin kuat. Bahkan imun tubuh orang yang sudah menerima vaksin kedua bisa dicek” imbuhnya. 

“Sekali lagi, jangan takut ya untuk di vaksin. Dan sukseskan program vaksin ini di Kabupaten Sintang. Mari kita tetap menerapkan protokol kesehatan, tetap memakai masker, hindari kerumuman dan sering mencuci tangan. Kita wanita, lebih sering memegang bagian wajah ketimbang pria. Karena sering membetulkan make up dan sebagainya. Di saat pandemi ini, menurut saya kita perlu mengurangi dandan yang berlebihan karena kita memakai masker. Make up nya tidak kelihatan” terang Yosepha Hasnah. 

Yosepha Hasnah sarankan untuk tidak mengkonsumsi vitamin usai menerima vaksin. Supaya memberikan kesempatan kepada vaksin tadi untuk bekerja dalam tubuh. (hms) 

Share:
Komentar

Berita Terkini