Bimtek SPT Tahunan

Editor: Admint stg author photo

 


Sintang, Kalbar (Senentang.id) - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sintang mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi secara online melalui Zoom Meeting di Aula KPP Pratama Sintang, Selasa (23/3/2021).

Bimtek ini dilaksanakan selama tiga hari (23-25 Maret) meliputi tiga kabupaten yaitu Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu.

Di hari pertama, bimtek diikuti 55 peserta yang merupakan staf keuangan dan admin Satuan Kerja (Satker) di wilayah Kabupaten Sintang.

Di pertama materi disampaikan oleh Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Sintang Bramasto Aditomo dan Account Representative (AR) KPP Pratama Sintang Singgih Dwi Jatmiko.

Dalam penyampaian materi Bramasto memberikan data berupa pelaporan SPT Tahunan oleh ASN Sintang.

Menurut Bramasto ,ASN wilayah Sintang yang belum melaporkan SPT Tahunannya per tanggal 20 Maret 2021 adalah sebanyak 1.397, yang sudah melaporkan SPT sebanyak 3.579 dan total 4.976 ASN.

Di hari kedua, Bimtek diikuti 35 peserta yang merupakan staf keuangan dan admin Satuan Kerja (Satker) di wilayah Kabupaten Melawi. Materi disampaikan oleh Kepala Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Nanga Pinoh, Dedy Agus Prabowo dan Account Representative (AR) KPP Pratama Sintang Permana Wiranata.

Dedy menyampaikan data pelaporan SPT Tahunan oleh ASN Melawi per tanggal 20 Maret 2021 adalah yang belum melaporkan SPT sebanyak 1.577, sudah melaporkan SPT sebanyak 2.040 dan total ASN terdaftar adalah 3.617 ASN.
Di hari ketiga, Bimtek diikuti sekita 55 peserta yang merupakan staf keuangan dan admin Satuan Kerja (Satker) di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu. Materi disampaikan oleh Kepala Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Putussibau Fakhrudin Wibowo dan Account Representative (AR) KPP Pratama Sintang Yessika Mauliddini.

Dalam penyampaian materi Wibowo memberikan data berupa pelaporan SPT Tahunan oleh ASN Kapuas Hulu. Menurut Wibowo, ASN wilayah Kapuas Hulu yang belum melaporkan SPT Tahunannya per tanggal 20 Maret 2021 adalah sebanyak 2.974, yang sudah melaporkan SPT sebanyak 2.077 dan total 5.051 ASN. Angka ini menunjukkan bahwa wajib pajak yang belum melaporkan SPT Tahunannya meningkat dari tahun 2019 yang hanya 1.941 ASN.

Kepala KPP Pratama Sintang Dudung Kurniawan dalam sambutannya menyampaikan agar momen Bimtek ini dapat dimanfaatkan oleh staf keuangan dan admin untuk dapat menggali informasi terkait SPT Tahunan sehingga dapat membantu ASN di lingkup satkernya untuk melaporkan SPT-nya. KPP Pratama Sintang sangat berterima kasih dan mengapresiasi bagi Satker yang seluruh pegawainya sudah melaporkan SPT dan akan memberikan penghargaan serta sertifikat bagi satker tersebut.

 

Share:
Komentar

Berita Terkini