Tindaklanjut Masalah PETI, Komisi I DPRD Pemprov Kalbar Monitoring ke Pemkab Sekadau

Editor: Admin author photo

Monitoring Komisi I DPRD Provinsi Kalbar 

Sekadau Kalbar, Senentang.id - Rombongan anggota DPRD Komisi I Provinsi Kalimantan Barat, melaksanakan monitoring ke  Pemerintah Kabupaten Sekadau guna menindaklanjuti pengaduan masyarakat terkait Penambangan Emas Tanpa Izin  di Kabupaten Sekadau. Kamis (19/8/2021)


Dalam kesempatan tersebut, Ketua komisi I DPRD Provinsi Kalbar, Anggelina Fremalco mengatakan kedatanganya berserta rombongan adalah dalam rangka monitoring yang merupakan kegiatan rutin DPRD Provinsi.


"Pada hari ini monitoring kami secara spesifik adalah membahas terkait Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI)  di Kabupaten Sekadau karena adanya gejolak di masyarakat semakin terlihat ada ada gerakan masyarakat selamatkan Sungai Sekadau," ujarnya.


Dalam kunjungannya Angelina Fremalco mengatakan sangat mengapresiasi apa yang sudah dikerjakan Pemerintah Kabupaten Sekadau, tetapi ia juga mengingatkan supaya permasalahan itu tetap di tindaklanjuti.


"Itu semua tidak cukup sampai disini saja, kita sebagai Pemerintah Daerah berkewajiban untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terhadap bahaya PETI," tambahnya.


Di kesempatan yang sama Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Martinus Sudarno mengatakan aparat harus bertindak tegas untuk menertibkan PETI supaya air sungai Sekadau bisa jernih kembali.


"Aparat harus tegas terhadap tindakan PETI ini. Kalau hanya beralasan karena masa pandemi ini semuanya bisa terdampak," tegasnya 


Dan jika karena faktor ekonomi menurutnya, sebelumnya masyarakat juga ada pekerjaan lain seperti menoreh dan berkebun.


Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Sekadau, Subandrio mengatakan pihaknya sudah melakukan barbagai upaya untuk mencegah PETI beroperasi.


"Kita sudah membuat himbauan dan langkah preventif kepada para pelaku PETI dan ini juga menjadi tugas kita bersama agar masyarakat kita bisa bekerja sesuai aturan," pungkasnya. (Yanti)

Share:
Komentar

Berita Terkini