Plh Bupati Terima Hasil TMMD Reguler Ke-12 Tahun 2021 KODIM 1205/Sintang

Editor: Redaksi

Penyerahan hasil TMMD Reguler ke-112 tahun 2021 secara simbolis 

Sintang Kalbar
, Senentang.id - Pelaksana Harian (Plh) Bupati Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si menghadiri acara penyerahan hasil TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-112 KODIM 1205/Sintang tahun 2021, di Pendopo Bupati Sintang, Kamis (14/14/2021).


Yosepha Hasnah menyampaikan bahwa pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sintang memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran Kodim 1205 Sintang yang sudah sukses melaksanakan TMMD tahun 2021, di Desa Ampar Bedang Kecamatan Binjai Hulu.


“Apa yang sudah TNI kerjakan melalui TMMD merupakan sumbangan yang luar biasa bagi masyarakat untuk kemajuan daerah. Ini menjadi kenangan yang baik dari TNI bagi seluruh masyarakat. Dana  yang dikeluarkan untuk TMMD ini sangat minim, tetapi hasilnya luar biasa,” ungkapnya 


“Sangat berbeda kalau pengerjaan pembangunan fisik ini dilakukan melalui kontraktual. Penyuluhan yang dilakukan juga memberikan arti yang luar biasa. Kedepan kami juga berharap, TMMD selalu dapat dilaksanakan karena sebuah kerjasama yang baik antara TNI dan masyarakat. Dulu masyarakat takut kalau TNI ikut masuk ke desa untuk membangun. Tetapi saat ini, malahan masyarakat  menunggu dan mengharapkan desanya menjadi tempat pelaksanaan TMMD,” tambahnya


“Kepada Pemerintah Kecamatan Binjai Hulu, pemerintahan desa Ampar Bedang dan masyarakat, saya berpesan agar hasil pembangunan melalui TMMD ini hendaknya dijaga bahkan ditingkatkan karena sudah diserahkan TNI kepada Pemkab Sintang. Terima kasih kepada jajaran Kodim dan semua tim TMMD yang sudah terlibat,”  ucap Yosepha Hasnah. 


Kepala Staf Korem 121 Abw, Kolonel Kav Aloysius Nugroho Santoso menyampaikan kemanunggalan antara TNI dan masyarakat semakin baik dan harus tetap dijaga. 


“Bagi TNI, ini modal utama dalam pembangunan kekuatan inti pertahanan negara yang bersifat semesta. Slogan bersama rakyat TNI kuat, bukanlah kalimat yang dibuat supaya terlihat manis, tetapi TNI menyadari betapa dahsyatnya kebersamaan dalam mempertahankan negara bila bersama rakyat,” ujarnya 


Aloysius Nugroho Santoso menyebut, TNI Angkatan Darat sudah mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan TMMD di seluruh Indonesia. Melalui TMMD, kita ingin membangun dan membangkitkan nilai kebersamaan dan gotong royong untuk membantu program pemerintah untuk meningkatkan dan memberdayakan ekonomi masyarakat. TMMD di desa ini, selaras dengan nawacita yakni membangun dari pinggiran. 


“TMMD dilaksanakan secara serentak di kabupaten kota di Indonesia. Terimakasih kepada pemerintah daerah, masyarakat dan semua pihak yang sudah terlibat dalam pelaksanaan TMMD ke-112 tahun 2021 ini sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Mohoh maaf jika selama pelaksanaan TMMD, ada tutur kata dan perbuatan para prajurit yang tidak berkenan,” pungkasnya. 


Dandim 1205 Sintang, Letkol Inf. Kukuh Suharwiyono dalam laporanya menjelaskan pelaksanaan (kegiatan fisik) TMMD Reguler Ke 112 Tahun 2021 yang dipusatkan di Desa Ampar Bedang Kecamatan Binjai Hulu yang dilaksanakan mulai 15 September 2021 sampai 14 Oktober 2021 yakni, pembukan badan jalan sepanjang 6.000 meter dengan lebar 7 meter, pembuatan drainase sepanjang 4.000 meter, lebar 1 meter dan kedalaman 0,8 meter, pembuatan 6 titik gorong-gorong dengan ukuran 1,5 meter x 7 meter, dan pembuatan 2 unit jembatan dengan ukuran 12 x 4 meter dan 4 x 4 meter. 


“Selain kegiatan fisik, kami juga melaksanakan kegiatan non fisik seperti melaksanakan penyuluhan wawasan kebangsaan, pertanian, narkoba, kesehatan, stunting, Posyandu, Keluarga Berencana, Karhutla dan Kamtibmas," bebernya. 


"Personil yang terlibat adalah kosatgas 15 orang, tim asistensi 14 orang, SSK 110 orang, penyuluh 11 orang dan warga masyarakat 60 orang,” pungkasnya. **

Share:
Komentar

Berita Terkini