Presiden RI Kirim 5000 Paket untuk Korban Banjir di Sintang

Editor: Redaksi author photo

Rakor membahas proses pengiriman bantuan kemasyarakatan dari  Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo untuk korban banjir di Kabupaten Sintang
Sintang Kalbar, Senentang.id - Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) secara virtual dengan Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, di Command Center Kantor Bupati Sintang, Rabu (17/11 /2021). 

Rakor tersebut membahas proses pengiriman bantuan kemasyarakatan dari  Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo untuk korban banjir di Kabupaten Sintang yang berjumlah 5000 paket. Rakor dipimpin langsung oleh Deputi I Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Kemensesneg, Rika Kiswardani, S.IP. M.Pol.Adm. 

Deputi I Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Kemensesneg, Rika Kiswardani menyampaikan bahwa Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo akan membantu bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Sintang. 

“Paket bantuan sudah siap, maka yang perlu di diskusikan adalah cara mendistribusikannya supaya lancar dan tepat sasaran. Kita akan bekerjasama dengan pemerintah daerah, TNI dan Polri,” katanya

Rika Kiswardani mengatakan, ada 5000 paket bantuan yang terdiri dari beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, gula pasir, teh celup, dan biscuit. 

"Mohon bantuan agar paket sembako bisa lancar distribusinya. Mudah-mudahan Jumat, 19 November 2021 sudah bisa di distribusikan ke warga Sintang,” harap Rika Kiswardani. 

Gubernur Kalimantan, Barat H. Sutarmidji menyampaikan bahwa Pemprov Kalbar sudah mengirim bantuan untuk 5 kabupaten sebanyak 33 truk dari masyarakat dan Pemprov Kalbar. 

“Cadangan beras sudah mulai dikirim. Bantuan Bapak Presiden nanti, setelah barangnya ada, akan langsung kami distribusikan," kata Sutarmidji. 

Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden, Sony Kartiko menyampaikan bahwa packing bantuan sudah dilakukan di Pontianak. 

“Secara simbolis akan diserahkan ke Gubernur Kalbar pada Kamis, 18 November 2021. Selanjutnya truk pembawa bantuan akan langsung bergerak ke Kabupaten Sintang. Kami berharap 10 truk yang membawa bantuan bisa lancar menuju lokasi bencana,” kata Sony Kartiko. 

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah menyampaikan bahwa korban banjir yang mengungsi juga memerlukan kelambu, popok bayi dan pembalut wanita.

Rakor juga mendata kebutuhan korban banjir di Kabupaten Sintang yang masih dianggap kurang sehingga mendapatkan intervensi dari Presdien Republik Indonesia.**

Share:
Komentar

Berita Terkini