PU Fraksi-fraksi DPRD Sekadau Tentang RAPBD 2022

Editor: Redaksi

Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Sekadau 
Sekadau Kalbar, Senentang.id - DPRD Kabupaten Sekadau melaksanakan rapat Paripurna ke- 9 masa persidangan ke - 1 dengan agenda, penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi (PU Fraksi) DPRD Kabupaten Sekadau terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sekadau tahun anggaran 2022, bertempat di ruang rapat utama DPRD Kabupaten Sekadau. Kamis(18/11/2021) 

Rapat dipimpin oleh wakil ketua DPRD 1 Handi didampingi oleh wakil ketua 2 Zainal, 15 Anggota DPRD lainnya, Wakil Bupati Sekadau Subandrio, para kepala SKPD dilingkungan Pemkab Sekadau, Sekwan dan staf lainnya serta undangan. 

Melanjutkan paripurna pada Senin lalu, hari ini kedelapan Fraksi di DPRD sampaikan pemandangan umum fraksi-fraksi secara berurutan mulai dari fraksi Nasdem, Demokrat, Gerindra, PAN, Hanura, fraksi Persatuan, Golkar dan PDIP.

Salah satu fraksi yakni fraksi Hanura dengan juru bicaranya Abun Tono mempertanyakan rincian alokasi dana untuk RAPBD 2022.

"Dibidang pertanian dan perkebunan langkah apa yang akan di buat atau strategi khusus untuk peningkatan strategi produktivitas pertanian," tanyanya. 

"Untuk perkebunan kepala sawit produktivitas apa yang diperlukan, mengingat di kabupaten Sekadau sudah tersebar hampir disemua kecamatan adalah wilayah perkebunan kelapa sawit," timpalnya. 

Ia juga pertanyakan pelayanan kesehatan, pendidikan dan infrastruktur karena banyaknya jalan yang rusak.

"Sedangkan anggaran pinjaman pemerintah daerah sebanyak 68,4 Milyar Rupiah. Jadi, prioritas apa yang digunakan dari pinjaman tersebut, sehingga pemerintah daerah perlu melakukan pinjaman itu," tanya Abun Tono lagi. 

Sementara itu dari juru bicara dari fraksi Golkar juga pertanyakan anggaran APBD 2022 atas kegiatan dan program di setiap SKPD dengan rancangan kerja pemerintah daerah serta kebijakan umum anggaran 2022.

"Dana APBD di dinas pendidikan tahun 2021 yang sebesar 19 Milyar di alokasikan kemana," tanyanya

Muslimin juga pertanyakan dana pinjaman pemerintah daerah Kabupaten Sekadau sebesar 68,4 Milyar. 

"Apa dasar pemerintah daerah meminjam dana sebesar 68,4 Milyar tersebut di RAPBD 2022," Tutupnya/pungkasnya. (Yanti)

Share:
Komentar

Berita Terkini