Bupati Jarot Launcing Ompu Betabas dan Puskesos Betabas Dinsos Sintang

Editor: Redaksi author photo

Launching Ompu Betabas (Optimalisasi Puskesos Bersama Tuntaskan Bantuan Sosial) dan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Bersama Tuntaskan Bantuan Sosial (Betabas) Kabupaten Sintang, Kamis (19/5/2022) 
Sintang Kalbar, Senentang.id - Bupati Sintang, H. Jarot Winarno, melaunching Ompu Betabas (Optimalisasi Puskesos Bersama Tuntaskan Bantuan Sosial) dan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Bersama Tuntaskan Bantuan Sosial (Betabas) Kabupaten Sintang, Kamis (19/5/2022) di Halaman Dinas Sosial Kabupaten Sintang. 

“Kita masih menghadapi banyak masalah. Bantuan yang tidak tepat sasaran. Orang banyak yang DM ke saya mengeluhkan mereka yang miskin dapat bantuan, tapi yang kaya dapat bantuan. Terutama BLT Dana Desa, katanya banyak keluarga kepala desa dapat bantuan. Kami ndak dapat, begitu bunyi DM. Ada juga yang mengeluhkan, hilangnya nama mereka sebagai penerima bantuan. Maka, sangat diperlukan koordinasi dengan dukcapil sangat penting. Bagaimana operator DTKS bisa berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil untuk mengatasi hilangnya data penerima bantuan di Kementerian Sosial. Hari ini kita melakukan launching Ompu Betabas dan Puskesos Betabas. Bersama tuntaskan bantuan sosial. Puskesos bisa dijadikan tempat pelayanan, pengaduan dan rehabilitasi masalah yang ada. Puskesos bisa meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat. Terimakasih kepada kecamatan, kelurahan dan desa yang sudah membentuk Puskesos. Ada 9 Puskesos yang sudah terbentuk,” kata Bupati Sintang, Jarot Winarno. 

Melihat pentingnya dan fungsi dari Puskesos khususnya dalam penyaluran Bantuan Sosial di Kabupaten Sintang supaya tepat jumlah, tepat waktu dan tepat sasaran (3T), maka salah satu strategi percepatan penyaluran bantuan sosial adalah optimalisasi Puskesos,” ujarnya 

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Sintang, saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas dilaunchingnya Ompu  Betabas dan Pusat Kesejahteraan Sosial. (Puskesos) “Betabas” Kabupaten Sintang ini, mengingat tujuan dan program kerja Puskesos ini sendiri memang sangat baik, maka tentu saja pemerintah secara berkelanjutan menggunakan layanan ini," ungkapnya. 

Bupati Sintang berharap dengan dibentuknya Puskesos sebagaimana tersebut di atas, bukan saja sebagai pilot projek/proyek perubahan dalam menempuh Pendidikan Kepemimpinan Nasional bagi kepala Dinas Sosial Kabupaten Sintang, akan tetapi merupakan langkah awal dan secara berkelanjutan, puskesos-puskesos juga harus dibentuk di semua desa dan kelurahan dan bahkan sampai ke desa-desa di Kabupaten Sintang secara menyeluruh. (hm) 

Share:
Komentar

Berita Terkini