Semua Lini dari Sumber PAD yang ada Harus Dimaksimalkan agar Pendapatan Meningkat

Editor: Asmuni

Anggota DPRD Sintang, Jeffray Edward. Foto:int
SINTANG, Senentang.id - Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sintang pada tahun 2021 lalu belum mencapai target. Hal ini terjadi dikarenakan penyerapan sektor pajak yang belum tergarap dengan maksimal sesuai dengan apa yang menjadi harapan bersama.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Jeffray Edward mengatakan, kedepannya dalam penggalian setiap sektor pajak mesti dapat maksimal agar kondisi keuangan sehat dan target PAD pun tercapai.

“Kita dari DPRD pasti akan terus mendorong Pemkab Sintang melalui instansi terkait agar memaksimalkan retribusi dari pajak ini. Semua lini sektor dari sumber PAD yang ada harus dimaksimalkan sebaik mungkin agar pendapatan meningkat,” ujar Jeffray beberapa waktu lalu.

Salah satunya kata Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini sektor dari pajak parkir. Ia menilai, sekarang cukup banyak lokasi-lokasi parkir di di dalam Kota Sintang, sebagai contoh yang ada di Taman Entuyut, Ruas Jalan Lintas Melawi, PKP Mujahidin, dan sepanjang Jalan YC Oevang Oeray.

“Ruas jalan tersebut banyak giat usaha seperti warkop, cafe and resto, pasar modern dan lainnya. Tentunya, peluang bagi sumber PAD kita, apabila dimaksimalkan dengan penarikan retribusi perparkiran,” jelasnya.

Selain itu, Jeffray Edward juga meminta agar dapat memaksimalkan retribusi pajak, diusulkannya kepada Pemerintah Daerah Sintang untuk mengiventarisir lokasi lahan yang berpotensi dijadikan lokasi parkir.

“Tentu hal tersebut juga penting guna menambah PAD lewat sektor parkir ini. Intinya semuanya harus direncanakan sebaik mungkin, agar apa yang menjadi harapan kita bisa terwujud,” terang Jeffray.

Oleh karenanya, kata Jeffray Pemkab Sintang melalui dinas teknis haruslah proaktif dalam memaksimalkan retribusi dari pajak parkir yang ada ini. Karena disampingnya untuk mengetahui pengelolaannya yang jelas, tetapi juga untuk mendongkrak PAD agar meningkat. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini