Dewan Minta Pengelolaan Barang Daerah di Sintang Harus Dilakukan Secara Profesional

Editor: Redaksi author photo

Hukman Sudirman, Anggota DPRD Kabupaten Sintang
SINTANG, Senentang.id - Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Hikman Sudirman meminta pengelolaan barang daerah di Bumi Senentang harus dilakukan secara profesional, dan akuntabel.

“Dalam pengelolaan pembukuan, inventarisasi, dan pelaporannya harus dilakukan dengan tertib, baik, dan benar,” kata Sudir saat ditemui diruang kerjanya.

 Dikatakannya, mengingat barang yang menjadi milik daerah dibeli dari beban Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) atau perolehan lainnya sehingga hal yang diperoleh dari uang rakyat ini harus betul-betul dikelola dengan baik, dan profesional.

“Karena barang milik daerah ini dipergunakan untuk mendukung pelaksanaan tugas pelayanan kepada masyarakat di daerah ini,” ucap Hikman Sudirman.

Untuk itu, Politisi Partai Demokrat ini sangat mengapresiasi karena beberapa waktu lalu telah dilaksanakan kegiatan pembekalan bagi petugas pengelolaan barang daerah.

“Sebab, tujuan dari pembekalan tersebut untuk menyamakan persepsi antara metode yang dipakai dalam proses inventarisasi dengan teknis pengerjaan verifikasi data pada masing-masing perangkat daerah,” ungkap Hikman Sudirman.

Dengan demikian lanjut Hikman Sudirman, maka semua aset daerah akan bisa terdata dengan baik, benar, dan up to date.

Wakil Rakyat dari daerah pemilihan kecamatan Kayan Hilir dan kecamatan Kayan Hulu ini menambahkan, hal tersebut agar Kabupaten Sintang bisa mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI).

“Besar harapan kami sebagai lembaga legislatif semangat kerja ini dapat terus dipertahankan agar opini yang sudah diraih bisa terus dipertahankan. Dan satu hal yang paling penting kita tidak berpuas diri, namun selalu melakukan evaluasi terhadap capaian yang diraih, sehingga apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan dapat kita dibenahi secara bersama-sama,” tukasnya. (*) 

Share:
Komentar

Berita Terkini