Sekda Minta Panitia Berkoordinasi dengan Forkopimda dan Forkopimcam saat Pilkades

Editor: Redaksi author photo

Rapat Koordinasi (Rakor) Finalisasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2022. Foto:pkm
Sintang, Senentang.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah, memberikan pengarahan pada Rapat Koordinasi (Rakor) Finalisasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2022 di Balai Praja Kantor Bupati Sintang, Senin (10/10/2022). 

Yosepha Hasnah, menyampaikan bahwa camat yang ada desanya menyelenggarakan pemilihan kepala desa serentak agar selalu berkoordinasi baik persiapan, pelaksanaan dan evaluasi pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022. 

Menurutnya, yang perlu juga menjadi perhatian para camat adalah terjadinya curah hujan tinggi dan potensi banjir yang terjadi terlebih desa yang akan melaksanakan Pilkades. 

"Kami berharap cuaca ini tidak menghambat proses mobilisasi masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya nanti,” harapnya. 

Pada saat pelaksanaan Pilkades, penerapan protokol kesehatan perlu di diskusikan juga, apakah masih diperlukan. 

"Ada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia bahwa kita sudah ada di level 1 atau sangat aman. Pilkades ini memang kebanyakan berada di luar ruangan sehingga perlu dipertimbangkan agar penerapan protokol kesehatan agak longgar,” terang Yosepha Hasnah

Ia meminta panitia Pilkades baik tingkat kabupaten maupun kecamatan harus melibatkan Forkopimda dan Forkopimcam. Itu semua kata dia, untuk antisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi sehingga Pilkades berjalan lancar dan aman. 

“Pelaksanaan Pilkades ini akan dipantau langsung oleh Tim Kemendagri melalui aplikasi zoom. Maka saya berharap panitia bisa memilih salah satu desa yang sudah ada jaringan internet yang bagus sehingga pemantauan oleh Tim Kemendagri bisa berjalan dengan baik," katanya. 

"Perlu diperhatikan juga soal jumlah DPT dan  masalah banjir. Cuaca di Kabupaten Sintang saat ini sangat ekstrim yang ditandai dengan curah hujan yang tinggi,”  pungkasnya. (pkm). 

Share:
Komentar

Berita Terkini