Roadshow Daring Bersama Menko PMK

Editor: Redaksi author photo

Bupati Sintang, H. Jarot Winarno saat menghadiri acara Road Show Daring bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Muhadjir Effendy. Foto:
SINTANG, Senentang.id - Bupati Sintang, H.  Jarot Winarno menghadiri acara Road Show Daring bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Muhadjir Effendy di ruang Command Center, kompleks kantor Bupati Sintang, Selasa (14/02/2023).

Di Sintang angka kemiskinan ekstrem mengalami kenaikan sebesar 0,85 poin pada tahun 2022 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sedangkan angka stunting menurun sebesar 19,5 poin di tahun 2022 dibandingkan dengan tahun 2021.

"Sintang mampu menekan angka stunting dalam 2 tahun terakhir karna mengoptimalkan percepatan pencapaian desa Open Cefecation Free (ODF) menggunakan dana desa," kata Bupati Sintang, Jarot Winarno. 

"Sementara itu kemiskinan ekstrem meningkat karna ada musibah banjir di akhir tahun 2021, harga komoditi sawit, karet rendah dan covid -19," tambahnya lagi. 

Masing-masing kabupaten kota di provinsi Kalimantan Barat menyampaikan kondisi terbaru keadaan stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem terbarunya.

Sementara pada kesempatan yang sama,  Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menyampaikan bahwa fokus peningkatan status desa memiliki pengaruh besar dalam menurunkan angka stunting dan kemiskinan ekstrem di Kalbar. 

"Kendala dalam percepatan penurunan stunting dan kemiskinan ekstrem adalah adanya mis komunikasi antara para aparatur yang terlibat. Hal ini akan segera diupayakan penanganannya," kata Bang Midji. 

Sementara itu, Muhadjir Effendy, selaku Menko PMK RI menyampaikan harapannya agar pertemuan-pertemuan ini dapat memberikan solusi  atas berbagai kendala yang ada di daerah. 

"Ini merupakan tindak lanjut pertemuan bersama pak Presiden beberapa waktu lalu. Pembahasan kita ini adalah 2 dari 8 program pokok yang harus di perhatikan oleh para kepala daerah. Tujuan pertemuan untuk koordinasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada di masing kabupaten kot untuk kemudian dicarikan solusi, termasuk melalui jejaring kementerian teknis. Hasil pertemuan semoga dapat di implementasikan di kabupaten kota yang terlibat," kata Effendy. 

Tampak hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Florensius Rony, Kepala Bappeda Sintang, Kartiyus, Kepala Dinas KBP3A, Maryadi, Camat Sintang, Tatang serta sejumlah perwakilan Forkopimda di lingkungan pemerintahan Kabupaten Sintang. (RILIS PROKOPIM)

Share:
Komentar

Berita Terkini