Dari 145 Peserta, 78 Lulus Tes Kepribadian Calon Paskibraka Sintang

Editor: Redaksi author photo

Wakil Bupati Sintang, Melkianus saat meninjau proses tes seleksi terakhir calon Paskibraka Sintang. Foto:prokopim 
Sintang Kalbar, Senentang.id - Wakil Bupati Sintang, Melkianus, meninjau pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Duta Pancasila Kabupaten Sintang tahun 2023, di kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sintang, Senin 20 Maret 2023.

Jadwal tes seleksi pada hari terkahir (hari ke-6) yakni tes Kepribadian Wawancara Bidang Pengetahuan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Bidang Bakat Olah Raga, Bidang Penguasaan Bahasa Asing, Bidang Bakat Seni dan Budaya, Psikotes, Bidang Penelusuran Rekam Jejak Media Sosial, dan Bidang Kepaskibrakaan.

Usai meninjau proses seleksi Wakil Bupati Sintang menyampaikan apresiasi atas kinerja tim seleksi yang sudah bekerja keras dalam melakukan seleksi bagi calon Paskibraka Kabupaten Sintang tahun 2023 ini.

“Seleksi sudah berjalan dengan baik beberapa hari ini. Panitia sudah bekerja sesuai petunjuk teknis yang ada. Saya yakin tim seleksi sudah bekerja professional. Apalagi seleksi mulai tahun ini, yang menentukan lolos atau tidaknya adalah pemerintah pusat melalui Badan Pembinaan Ideologi Pancasila,” kata Melkianus. 

“Saya juga yakin yang akan terpilih adalah para pelajar kelas X sesuai standar yang sudah ditentukan BPIP. Dan nantinya kualitas Paskibraka juga akan baik. Saya sudah melihat langsung proses seleksi kepribadian tadi. Dan semua bisa berjalan baik,” tutup Wakil Bupati Sintang, Melkianus. 

Sementara, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sintang, Kusnidar, menjelaskan bahwa proses seleksi sudah sangat ketat dan mengikuti petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila di Jakarta. 

“Proses seleksi sudah diikuti oleh 145 peserta. Hari keenam tersisa 78 peserta lagi. 78 orang ini sudah dinyatakan oleh BPIP lolos di seleksi baris berbaris, kesamaptaan, kesehatan, parade, inteligensia umum, Pancasila dan wawasan kebangsaan,” jelas Kusnidar.

“Hasil penilaian untuk seleksi kepribadian hari ini, akan kita upload melalui aplikasi Transparansi Paskibraka. Dan yang menentukan peringkat dan kelulusan adalah BPIP Jakarta. Seleksi ini sengaja kita selesaikan sebelum memasuki bulan suci ramadhan. Dan nanti bulan Mei 2023, BPIP akan mengumumkan 44 orang anggota Paskibraka Kabupaten Sintang tahun 2023 yang dinyatakan lulus,” tutup Kusnidar. (RILIS PROKOPIM) 

Share:
Komentar

Berita Terkini